Kanal

Karding: Target Suara Jokowi Minimal 55 Persen

Jakarta, Hariantimes.com -  Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan calon presiden peserta pilpres 2019 usai sudah. 

Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapatkan nomor urut 1. Sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno mendapatkan nomor urut 2.

Setelah ini, masing-masing koalisi partai pengusung mulai memetakan strategi. 

Khusus untuk pasangan petahana, Wakil Ketua Koalisi Indonesia Kerja Abdul Kadir Karding menyebutkan, pihaknya menargetkan perolehan suara 55 persen.

"Target suara untuk Pak Jokowi, paling tidak, minimal 55 persen," katanya ditemui usai pengundian nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Jakarta, Jumat (21/09/2018) malam.

Guna mencapai target tersebut, Karding mengatakan, tim akan mengedepankan kampanye damai yang tidak memicu perpecahan bangsa. Ini sesuai dengan instruksi dari Jokowi.

"Jadi memang kampanye yang diharapkan oleh Pak Jokowi adalah kampanye yang bisa melahirkan demokrasi yang riang gembira," ucapnya.

Jokowi, kata Karding, berharap konten kampanyenya nanti bisa berkualitas. Tidak menyerang pihak lawan, tidak nyinyir atau memojokkan rival yang berpotensi memecah persatuan.

Jokowi juga berpesan, kampanye harus dilakukan dengan benar-benar sopan, santun, dan menghindari penyebaran berita bohong (hoaks). Terutama, jika itu dilakukan di media sosial yang tak jarang dapat membuat keributan.

"Komitmen Pak Jokowi seperti itu. Kami di bawah harus melakukan kampanye dengan cara yang benar, sopan, dan menyampaikan konten statement dan posting di medsos yang santun yang kira-kira dapat membangun kesejukan dan kedamaian," pungkasnya.

Sebelumnya, pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh nomor 1, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor 2. Penetapan nomor urut ini dituangkan dalam Keputusan KPU RI 1142/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, tanggal 21 September 2018.

"Dengan ini memutuskan, menetapkan, pasangan calon nomor urut Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin nomor 1 dan Prabowo-Sandi nomor 2," ujar Ketua KPU Arief Budiman.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler