Kanal

Pemkab Kampar Serahkan Alat Pengolahan Pangan Lokal ke KUK Pasir Sialang

Bangkinang, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar terus memberikan dorongan maupun bantuan teknis kepada masyarakat.

Salah satu bentuk dorongan yang diberikan yakni menyerahkan alat pengolahan pangan lokal kepada Kelompok Usaha Keluarga (KUK) di Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang.

Tujuan pemberian alat ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat lokal maupun untuk meningkatkan daya saing hasil produksi.

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Bapak Ir H Cokroaminoto MM mengatakan, alat pengolahan pangan lokal ini merupakan bantuan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau kepada kelompok Usaha Keluarga Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang. Bantuan alat yang diberikan berupa 2 unit alat pencacah ubi, 2 unit mesin pres  kemasan, 1 buah kuali, 3 buah sendok gorengan, 5 buah ember sedang dan 3 buah ember besar.

"Dengan kondisi ekonomi yang hancur dampak Covid-19 ini, semoga alat tersebut dapat dimanfaatkan untuk efektifitas dan efisiensi proses produksi pangan lokal. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga," ujar Cokroaminoto didampingi Sekretaris Ketahanan Pangan Marahalim, Kabid dan Kasi di Desa Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang, Senin (20/04/2020).

Dikatakan Cokroaminoto, untuk membungkus kerupuk pakai lampu togok (Pelita) sekarang usaha ini sudah memanfaatkan teknologi dengan pres listrik. Begitu juga dengan memotong/mencacah ubi secara manual sekarang menggunakan alat pemotong/mencacah dengan mesin pencacah.

Penerima bantuan Ibu Nuraini menyatakan, sangat bersyukur atas bantuan pemerintah ini. Karena sangat memudahkan, mempercepat dalam pengolahan produksi.

"Kami akan manfaatkan dengan sebaik-baiknya bersama dengan 10 anggota usaha keluarga ini," ucap Nuraini.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler