Kanal

Silaturahmi Masyarakat Baserah Untuk Percepatan Pembangunan

Pekanbaru, HarianTimes.com - Pemerintahan Desa se Kecamatan Kuantan Hilir bersilaturahmi dengan salah seorang Tokoh Masyarakat Baserah di Pekanbaru, Riau pada Kamis (20/2/2020) yang lalu.

Dalam kesempatan itu, sejumlah permasalahan yang tengah dan akan dihadapi diperbincangkan dalam forum tersebut. Diantaranya, pelaksanaan pacu jalur di Baserah yang selama ini hanya terbebani kepada APBD Kabupaten Kuantan Singingi yang dianggarkan dengan bentuk rayonisasi.

Akan tetapi, hal ini belum maksimal sesuai kebutuhan daerah yang merupakan asal muasal pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Dimana selama ini diketahui, pacu jalur di ibukota Teluk Kuantan merupakan pacu jalur event nasional. Maka dari itu kedepannya, masyarakat berharap pacu jalur yang dilaksanaan di Baserah bisa menjadi event tingkat provinsi.

Hal itu disampaikan para Kepala Desa se Kuantan Hilir yang mewakili masyarakat Baserah kepada salah seorang Tokoh Masyarakat Kuansing asal Baserah di Kota Pekanbaru, H Doni Aprialdi. Dalam silaturahmi itu, juga hadir mendampingi Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi dan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Hendra Riko Purnomo yang juga sama - sama merupakan putra asli Baserah.

Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi mengatakan bahwa maksud dan tujuan forum tersebut, yakni untuk mendapatkan dukungan dari para tokoh yang ada diluar maupun dalam daerah nantinya. "Kita berharap apa yang menjadi impian masyarakat menjadi kenyataan. Selain kita butuh dukungan Pemda Kuansing tentu juga butuh dukungan dari para tokoh, apalagi yang merupakan pejabat di Pemprov Riau maupun daerah lainnya," ucap Pitte, demikian dia akrab disapa.

"Kita selaku di Pemerintahan Kecamatan, baik secara pribadi maupun Camat Kuantan Hilir sebagai fungsi koordinator dari pemerintahan desa tentunya mendukung dan mencarikan solusi sebagai langkah langkah guna mewujudkan impian masyarakat," ujarnya.

Jhon Pitte Alsi juga berharap dukungan dan kerjasama dari rekannya Camat Kuantan Hilir Seberang, Novrion yang juga merupakan daerah Baserah lama. Dimana kedua wilayah itu tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, ucapnya.

"Saya secara pribadi ataupun selaku Camat Kuantan Hilir berharap dukungan dari rekan saya senior saya Camat Kuantan Hilir Seberang, demikian juga dukungan dari dinas instansi terkait lainnya. Dengan harapan kedepannya, pacu jalur Baserah ini menjadi suatu item pariwisata yang berkesinambungan," ungkapnya.

Sementara itu, H Doni Aprialdi ketika itu mendengarkan semua usulan perwakilan masyarakat Baserah. "Kita sifatnya mendukung, dan kita sarankan agar hal ini bisa dibantu oleh PT RAPP nantinya. Demikian juga dengan perusahaan yang lainnya, juga harus ikut andil dalam pesta masyarakat tersebut," kata Doni.

"Apalagi itu menyangkut destinasi pariwisata suatu daerah, itu sudah sewajarnya mereka bantu melalui dana CSR mereka, jangan sampai tidak," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, H Doni Aprialdi juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa, khususnya Baserah agar selalu pro aktif dan membangun kemitraan dengan media. "Melalui media kita bisa mempromosikan daerah kita, pembangunan yang kita lakukan, sehingga masyarakat luas bisa tau. Apalagi media online, bisa di baca masyarakat diseluruh penjuru dunia, untuk itu bangunlah silaturahmi dengan wartawan atau media,"

"Apalagi saat ini orang Baserah ada media dan juga wartawan, contohnya Abu Bakar Sidik, Hendra Riko Purnomo dan lain sebagainya itu, ini bisa menjadi suatu ajang promosi kita terhadap dunia luar," ucapnya mengingatkan.

Namun demikian, kata H Doni yang juga merupakan sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau itu, semua itu butuh proses dan kekompakan bersama. Tidak cukup hanya dengan omongan, tapi harus ada reaksi sebagai upaya untuk mendapatkan.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Baserah, baik yang berada di luar maupun dalam daerah untuk selalu tetap kompak, sama - sama memikirkan daerah sehingga daerah itu bisa maju. Jangan hanya berharap kepada orang lain, tapi berusaha lah untuk bangkit.

Hadir mendampingi Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi mewakili masyarakat Baserah yang berkesempatan hadir saat itu, diantaranya Kades Kampung Medan Yunda Apriadi, Kades Pulau Madinah H Masdiah, Kades Kampung Madura Wiwit Erianto, Kades Simpang Tanah Lapang Jefryoni, Kades Kampung Tengah Marjan, Kades Banuaran Jailani, Kades Koto Tuo Ariyanto, Kades Teratak Baru Muklis, Sekdes Pulau Kijang Rido. ***


Editor/Penulis : Dt Hendra RP

Berita Terkait

Berita Terpopuler