Kanal

Pemprov akan Lakukan Pembenahan dan Menata Anjungan Riau di TMII

Jakarta, Hariantimes.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberikan perhatian serius terhadap pembenahan dan menata Anjungan Riau di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta menjadi sebaik mungkin.

Sehingga kedepan, pusat kegiatan kesenian dan kebudayaan ini bisa bernilai ekonomis dengan banyaknya mengunjung yang datang melihat bangunan dan beraneka ragam khas dari daerah Riau, mulai dari pakaian hingga makanan. 

"Kami akan melakukan perbaikan terhadap bangunan rumah adat yang kondisinya sangat memperhatikan, baik secara fisik maupun non fisik. Nanti akan saya turunkan tim dari PUPR untuk meninjau terkait perbaikan pembangunan," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya usai menemui jajaran Direksi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Gedung Pengelola Komplek TMII, Jakarta Timur, Rabu (12/02/2020).

Sekdaprov menyebutkan, pertemuan ini untuk mendapatkan masukkan terkait pengembangan dan  pengelolaan Anjungan Riau ke depan. Sehingga kedepan betul-betul sebagai tempat sekaligus pusat kegiatan, terutama berkaitan dengan seni dan budaya Melayu Riau agar dikenali masyarakat luas, baik nasional maupun mancanegara.

"Kami harap ke depan ada sinergi dan kerjasama baik antara pihak manajemen TMII dan Anjungan Riau sebagai pusat kegiatan dalam mempromosikan seni dan budaya termasuk pariwisata di Riau," ucap Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya didampingi Plt Kadis PUPR-Perkimtan Provinsi Riau, Taufik Oesman Hamid dan Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Erisman Yahya.

Di samping itu, kata Sekdapro, pihaknya juga akan menindaklajuti berbagai peluang-peluang yang ada di Anjungan Riau jika nantinya dibenahi dan dikelola dengan baik. Sehinga mendapatkan keuntungan dan manfaat bagi daerah. Apalagi letak Anjungan Riau sangat strategis  yang dekat dengan tempat rekreasi seperti SnowBay Waterpark dan Among Putro Sky World dan juga dekat dengan danau yang menggambarkan peta Indonesia. 

"Ini merupakan pertemuan awal. Akan ada pembahasan lanjutan untuk memantapkan. Sehingga apa yang menjadi harapan kita untuk keuntungan daerah bisa terwujud," kata Sekdaprov.

Dikesempatan itu, Direktur Utama TMII, Tantribali Lamo didampingi jajaran direksi TMII menyambut baik dan mengapresiasi rencana dan keinginan Pemerintah Provinsi Riau yang akan memberikan perhatian terhadap pengembangan Anjungan Riau. 

Tantribali meyakini, dengan posisi anjungan yang begitu strategis akan memberikan peluang besar terhadap daerah, terutama dalam melakukan kegiatan-kegiatan kesenian dan budaya.

"Posisi anjungan termasuk nyaman. Kita berharap dapat menjadi tempat strategis dan pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Riau terutama yang berkaitan dengan kesenian dan kebudaya di jakarta," sebut Tantribali sambil menunjukkan peta kawasan TMII yang memiliki lahan seluas 150 hektar.(*)


Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler