Kanal

Dandim 0213/Nias: Semoga Makin Sukses dan Tetap Dicintai Rakyat

Nias, Hariantmes.com - Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymond RS Purba SH MTr (Han) menghadiri upacara hari jadi TNI AL ke-73 tahun 2018 di lapangan Pos AL Gunungsitoli, Senin (10/09/2018). 

Adapun Inspektur Upacara yakni Danlanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi dan Komandan Upacara Letda Laut (PM) Agus Dwi. 

Turut hadir pada giat tersebut antara lain Walikota Gunungsitoli,  Bupati Nias, Wakapolres Nias, Kepala BNN Kota Gunungsitoli diwakili staf  BNN Kota Gunungsitoli, Perwakilan Kementerian Hubungan Laut Kota Gunungsitoli, para PA staf dan Danramil jajaran Kodim 0213/Nias serta Polres Nias.

"Upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut. Berdasarkan fakta sejarah, pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini. Dalam kurun waktu 73 tahun telah banyak pengorbanan jiwa raga dari para pejuang pendahulu kita untuk memperjuangkan dan mempertahankan NKRI melalui laut," ujar Danlanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi yang membacakan amanat KASAL. 

Tema yang diusung yaitu "Bersama rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut." Makna dari tema tersebut adalah,TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus.”

“Perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dewasa ini, memiliki implikasi yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit diprediksi karena ketidakteraturan dan ketidakstabilan. Dinamika ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan multidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata,” papar Danlanal.

Sementara itu, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymond RS Purba SH MTr (Han)  mengucapkan selamat ulang tahun TNI AL ke-73 tahun 2018. Semoga semakin sukses, tetap dicintai rakyat dan sukses selalu demi nusa dan bangsa.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler