Kanal

Kapolres: Dokumen Pengajuan Sudah di Kabaharkam Mabes Polri

Selatpanjang, Hariantimes.com - Satuan Kepolisian Perairan Kepolisian Resort (Satpolair Polres) Kabupaten Kepulauan Meranti akan segera dibentuk.

Pembentukan Satpolair ini sebagai upaya peningkatan keamanan di jalur perairan wilayah Kepulauan Meranti.

"Kita sudah melakukan pengajuannya  di Mabes Polri tepatnya di Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam). Saat ini, dokumen pengajuan Satpolair Polres Meranti sudah di Kabaharkam Mabes Polri. Kita tinggal menunggu skatenya turun. Sementara untuk Makonya sudah kita siapkan, tepatnya di samping Satlantas di Jalan Merdeka," ujar Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH kepada Hariantimes.com lewat pesan Whatsapp, Jumat (03/01/2020) malam.

Kapolres menyampaikan, Kepulauan Meranti sungguh identik dengan wilayah perairan. Namun menjadi kendala tersendiri bagi aparat kepolisian dalam menangani berbagai kasus tindak pidana yang terjadi di perairan. 

"Selama ini anggota di Pos Polair yang ada belum bisa bergerak maksimal. Karena belum ada Kasatnya dan masih tergabung ke bagian Sumda," sebut Kapolres kelima di Kota Sagu ini.

Mantan Kasubbagluh Ham Bagluhkum Rosunluhkum Divkum Polri itu juga menambahkan, jika pembentukan Satpolair di Kepulauan Meranti ini sifatnya mendesak. Meranti tidak sama seperti kabupaten lain di daratan. Karena kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepri atau negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia memungkinkan berbagai pihak untuk melakukan bisnis atau kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum. Contohnya kasus Narkoba yang selalu diselundupkan dari Malaysia dengan cara transit di tengah laut dan berbagai kasus kejahatan maritim lainnya. Karenanya.

"Saya yakin, jika Satpol Air sudah terbentuk akan dapat meminimalisir berbagai kejahatan di perairan tersebut. Mudahan dengan terbentuk Satpolair nantinya akan meminimalisir tindakan kejahatan diperairan,"jelasnya.(*)

Penulis : Tengku Harzuin

Berita Terkait

Berita Terpopuler