Kanal

Wabup: Silahkan Direhab Sesuai Kebutuhan

Meranti, Hariantimes.com - Masyarakat Suku Akit Desa Bungur, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti menerima bantuan 38 unit Rumah Layak Huni (RLH) dan 1 Unit Balai Pertemuan.

Bantuan RLH yang merupakan Program Kementerian Sosial RI untuk masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) langsung diserahkan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim kepada perwakilan warga penerima, Rabu (27/11/2019).

Menyikapi bantuan itu, Kepala Dusun Hery mewakili masyarakat Suku Akit yang berada di Desa Bungur mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati atas kepeduliannya terhadap masyarakat asli.

"Terima kasih banyak atas bantuan dan kepeduliannya. Kami dari masyarakat suku asli Desa Bungur tidak akan lupa akan kebaikan bapak-bapak sekalian," ucap Herry.

Kepala Dinas Sosial dan Perlindungan Anak Kepulauan Meranti Agusyanto SE MSi menjelaskan, Blberkat koordinasi yang baik dari Pemerintah Kabupaten dengan pihak Kementrian, khusus wilayah Desa Bungur Kecamatan Rangsang Pesisir yang dihuni 38 kepala keluarga dengan jumlah penduduk lebih kurang 400 jiwa, mendapat jatah 38 Unit rumah ukuran 6 X 6 M dan 1 Unit Balai Pertemuan. Tujuan pelaksanaan program tersebut adalah untuk memfasilitasi masyarakat Suku Akit mendapat tempat tinggal yang layak.

"Program ini dari Kementerian Sosial RI yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Meranti dalam upaya membantu masyarakat untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak," jelasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim mengaku senang dan gembira dapat berbuat untuk masyarakat. Hal ini sudah sesuai dengan tugas dan fungsi dari pemerintah yakni memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti yang saat ini dilakukan, dengan memberikan fasilitas rumah layak huni bagi masyarakat yang membutuhkan.

Untuk itu, kepada masyarakat penerima bantuan untuk dapat menjaga dan memanfaatkan fasilitas itu dengan baik dalam upaya memperbaiki kehidupan keluarga.

"Saya harap rumah bantuan yang sudah menjadi milik masyarakat ini dapat dijaga dan dimanfaatkan, juga silahkan direhab sesuai kebutuhan," ucap Wabup sembari mengatakan, Pemerintah Kabupaten sangat menyadari kondisi yang dialami oleh masyarakat Suku Akit saat ini yang serba keterbatasan, baik fasilitas pendidikan, kesehatan, tempat tinggal, infrastruktur dan lainnya.

"Bantuan ini akan terus berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kedepan kita akan terus berupaya untuk melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan masyarakat baik fasilitas kesehatan, pendidikan, pertanian/perkebunan, infrastruktur dan lainnya. Bantuan dapat berasal dari Pusat, Pemerintan Provinsi hingga Kabupaten," jelas Wabup.

Dihadapan ratusan masyarakat yang hadir, Wabupmenyatakan komitmen Pemerintah Daerah untuk membangun negeri mulai dari Desa hingga Kabupaten.

Wabup juga berpesan untuk menjaga kondusfitas, persatuan dan kesatuan karena tanpa kerjasama dan dukungan semua pihak apa yang dicita-citakan akan sulit terwujud.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar sesama masyarakat yang berlainan suku maupun agama. Dan saya minta kepada tokoh masyarakat/agama untuk membimbingnya. Yang terpenting dengarlah arahan dan nasehat dari para tokoh agama dan adat," ujar Wabup.

Agar upaya pembinaan keluarga lebih berhasil dan terencana, Wabup juga menghimbau masyarakat untuk mendukung program pemerintah yaitu program Keluarga Berencana (KB) dengan "Motto Dua Anak Cukup" yang saat ini tengah gencar dipromosikan oleh Dinas Sosial Meranti.

Mewakili Pemerintah Desa Kepala Desa Bungur Muhammad Ali mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten. Dan meminta masyarakat yang sudah maupun yang belum mendapat bantuan untuk terus mendukung Pemerintah Daerah agar bantuan serupa dari Pemerintan Pusat dan Provinsi yang masih cukup banyak dapat diraih untuk membantu masyarakat.

"Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten tidak bosan untuk memperjuangkan bantuan, khususnya pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat suku akit yang memang masih sangat membutuhkan," katanya.

Turut hadir dan mendampingi Wakil Bupati Meranti, Kepala Dinas Sosial dan Perlindungan Anak Agusyanto SE MSi, Kepala Dinas Perkebunan dan Ketahanan Pangan Drs. Idris Sudin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Meranti Helfandi SE MSi, Kepala Badan Perpustakaan Meranti H Ismail Arsyad, Kepala Kesbangpol Meranti Tasrizal Harahap, Sekretaris Dinas Kependudukan Meranti, Sekretaris Camat, Kabid Koperasi Disperindag Meranti Aminuddin,  Kepala Desa Bungur Muhammad Ali, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat dan lainnya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler