Kanal

120 Tenaga Kesehatan Arungi Sungai Subayang

Kampar Kiri Hulu, Hariantimes.com - Sebanyak 120 tenaga kesehatan dibawahi Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar mengarungi derasnya aliran air Sungai Subayang untuk melakukan bakti sosial Intervensi Stunting di Desa Gajah Bertalut Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Sabtu (02/11/2019).

Rombongan yang terdiri dari 31 Kepala Puskesmas beserta seluruh organisasi kesehatan IDI, PDGI, IBI, IAKMI, ISI, PPNI, dan seluruh tenaga kesehatan dibawa menggunakan 14 Sampan (Piaw) bermesin untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi melaporkan, kegiatan ini terkait Hari Kesehatan Nasional dengan Tema Generasi Sehat, Indonesia unggul. Dimana Desa Gajah Bertalut ini jauh dari akses pelayanan kesehatan maupun dokter dan hanya terdapat tenaga kesehatan desa, namun belum dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Persiapan pelaksanaan kegiatan ini telah direncanakan dari 3 bulan lalu. Dimana 8 tahapan penanganan Stunting terus kita laksanakan seperti pemberian gizi pada ibu hamil dan balita di fase 1000 hari kehidupan, pelayanan kesehatan dan program lainnya," ungkap Dedi.

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan berupa Posyandu Balita, pengobatan massal, penyuluhan pada ibu hamil, pemberian obat cacing, pemeriksaan HB ibu hamil, pemeriksaan HIV/AIDS, Posbindu PTM (Dinkes Kabupaten & Tim PKM KKH1)

Selain itu Kades Gajah Bertalut Zubir menyambut baik kedatangan rombongan di desanya. Dimana selama ini masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan memang harus menempuh akses yang cukup sulit karena harus melalui akses transportasi air.

"Ambulance desa dalam hal ini ambulance air yang ada sangat membantu untuk masyarakat desa. Namun belum sepenuhnya optimal, karena penggunaannya juga membantu masyarakat di desa lainnya. Namun masyarakat sangat terbantu, dengan adanya bakti sosial ini tentu kami menyambut baik karena sudah lama juga masyarakat menantikannya," ungkap Zubir

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Kampar diwakili Asisten III Setda Kampar Syamsul Bahri yang membuka acara dan melakukan peninjauan ditengah masyarakat, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Nazir, Kepala Dinas Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi, serta seluruh Kepala Desa di kecamatan Kampar Kiri Hulu. (DiskominfoKampar/DAT/*)


Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler