Kanal

RSUD Meranti Raih Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5

Meranti, Hariantimes.com - RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti meraih Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5. 

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Office Supervisor KARS Drs Adrian Jusuf Kilima kepada Direktur RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti dr RH Riasari didampingi Kasi Pelayanan Medik dr Aisyah Bee di Jakarta, Kamis (20/06/2019).

"Setelah dilakukan Survei Akreditasi Rumah Sakit oleh Tim Surveior Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I di RSUD Kabupaten Meranti, RSUD Meranti dinyatakan lulus dengan status tingkat Paripurna Bintang 5 pada 28 Mei 2019 lalu," ungkap Direktur RSUD Meranti dr RH Riasari melalui Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH kepada media, Jumat (21/06/2019).

Diraihnya sertifkat Akreditasi tersebut, beber Hery, menandakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti semakin serius meningkatkan mutu pelayanannya terhadap masyarakat.

Seperti diketahui, pada 15 sampai 18 Mei 2019 lalu telah dilaksanakan Survei Akreditasi Rumah Sakit SNARS Edisi I di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti oleh Tim Surveior dari KomIsi Akreditas Rumah Sakit (KARS) yang beranggotakan dr Zainal Abidin Sp THT, dr Alprindo Sembiring MKes, Nelwati SKp MKep dan dr Wim J Damopolii SpB, SpU MM MKes.

Ketika itu, rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim yang sebelumnya Tim Surveior juga sempat berjumpa dengan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM.

Survei dilakukan untuk melihat sejauhmana RSUD Meranti memenuhi standar pelayanan kesehatan terhadap pasien yang berobat di rumah sakit dengan berbagai fasilitas yang ada. Setelah melakukan Survei, selanjutnya Tim Surveior menyatakan RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti lulus Akreditasi Paripurna Bintang 5. Hal ini juga ditayangkan pada website KARS (www.kars.or.id), pada 28 Mei 2019.

Dengan telah diraihnya Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5 ini,   Direktur RSUD Meranti, dr Riasari mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Pemda Kepulauan Meranti yang telah mendukung penuh perkembangan RSUD Meranti mulai dari peralatan medis, bangunan hingga fasilitas lainnya, sehingga RSUD Meranti dapat terus meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat.

"Terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak kepada RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semoga kedepan, peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dapat lebih baik lagi," ujar dr Riasari.

Dengan dikantonginya Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5 oleh RSUD Meranti, sebut dr Riasari, kepercayaan masyarakat terkait pelayanan yang memenuhi standar dan kualitas di RSUD Kepulauan Meranti semakin besar. Apalagi Akreditasi ini sangat berpengaruh terhadap kerjasama antara RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti dengan BPJS Kesehatan. Dan ini sesuai dengan tujuan dari Akreditasi Rumah Sakit untuk meningkatkan keselamatan pasien dan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan.

"Dengan diraihnya sertifikat ini, RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai satu-satunya rumah sakit rujukan lanjutan di Kabupaten Kepulauan Meranti tetap dapat melayani pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan yang otomatis akan mengurangi jumlah rujukan pasien ke rumah sakit lain di luar daerah," paparnya.

Sekedar infomasi, Sertifkat Akreditasi Paripurna Bintang 5 ini sangat penting bagi RSUD Meranti apalagi kedepan 90 persen masyarakat akan memiliki kartu Jaminan Kesehatan. Tanpa sertifikat ini tentunya layanan BPJS tidak dapat dilakukan yang tentunya sangat menyulitkan masyarakat kurang mampu untuk berobat.

Demi lancarnya tugas-tugas pelayanan kesehatan di RSUD Meranti, dr Ria berharap dukungan dan kepercayaan penuh dari Pemkab. Meranti dan masyarakat sehingga apa yang diprogramkan dalam peningkatan pelayanan akan terwujud.(azw)

Berita Terkait

Berita Terpopuler