Kanal

Disdikpora : Selama Ramadhan Tetap Sekolah

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, kepada seluruh guru kita ingatkan agar tetap masuk sekolah. Puasa bukan untuk mengurangi jam atau kualitas kerja, proses belajar mengajar tetap berjalan dengan tidak mengurangi nilai nilai ibadah puasa Ramadhan.

Demikian himbauan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disdikpora, Jupirman SPd melalui Sekretaris, Masrul Hakim SAg MPdI didampingi Kabid Dikdas, Banjirman SPd MM, pada Senin sore (06/05/2019) di Teluk Kuantan.

Sesuai surat edaran dengan Nomor : 420/disdikpora/2019/644 seluruh sekolah, guru dan siswa SD dan SMP tetap masuk bersekolah selama 25 hari kerja.

"Ada libur diawal bulan puasa Ramadhan, tanggal 6 - 8 Mei 2019, dan diakhir puasa sampai seminggu lebaran, yakni tanggal 3 - 11 Juni 2019," jelas Masrul Hakim.

Sementara untuk jam belajar mengajarnya, lanjut Masrul, masuk pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. "Sekolah Dasar (SD) kelas 1 dan 2 diliburkan, dan kelas 3 - 5 tetap sekolah," jelasnya.

"Khusus untuk SMP, yang sekolah nya berada dekat dengan Masjid atau Mushallah, kapada Kepala Sekolah dan guru nya diminta agar melaksanakan sholat berjamaah terlebih dulu sebelum pulang," kata Masrul Hakim.

Menurutnya, Ia mengatakan, selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah seluruh sekolah (SD dan SMP) diharapkan untuk melakukan pembelajaran Pembinaan keagamaan pada siswa. "Mengaji, belajar bacaan sholat dengan faseh, membaca dan menghafal ayat ayat Al Qur'an, dll. Intinya, lebih diutamakan kepada pembinaan agama terhadap siswa," terang Masrul.

Kemudian, tambahnya, "Selama Ramadhan ini belajar memang dikurangi, tapi kualitas tidak boleh kurang," tegasnya.

Kabid Dikdas Banjirman SPd MM menambahkan, khusus untuk sekolah SMP yang berada diwilayah dalam ibukota Teluk Kuantan, "Minggu kedua Ramadhan, sebanyak 10 orang per SMP dalam kota Teluk Kuantan, akan diberikan pembinaan Pesantren Ramadhan di Masjid Agung nantinya," jelas Banjir. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler