Kanal

Maryendi : Wisata Ujung Negeri Kuansing

Cerenti, HarianTimes.com - Potang Balimau Kasai diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Pemerintahan Desa bekerjasama dengan pemuda Desa Pulau Bayur Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Selain itu, pada kegiatan ini juga dihadiri oleh BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat setempat. Ini merupakan tradisi penduduk atau masyarakat Pulau Bayur sejak dulu.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Pulau Bayur, Maryendi kepada HarianTimes.com, pada Minggu malam (05/05/2019) di Cerenti.

Menurutnya, Kades Pulau Bayur itu mengatakan bahwa selama ini kegiatan yang merupakan tradisi bagi masyarakat setempat jauh dari perhatian Pemerintah Daerah. Meski demikian, Maryendi selaku Kepala Desa berharap hal ini bisa dijadikan agenda tahunan Pemkab Kuansing.

"Karena kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan di Desa Pulau Bayur, dan satu satu nya desa yang menyelenggarakan ini di Kecamatan Cerenti, bahkan pengunjung nya tidak lagi dari Kabupaten Kuansing atau Cerenti saja, pengunjungnya juga dari  Inhu," ujar Maryendi.

Sebab, lanjut Maryendi, pintu masuk menuju jantung ibukota Kabupaten Kuansing ada 3 penjuru, yakni dari arah Pekanbaru ada wisata di Muara Lembu, dari arah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ada wisata di Lubuk Jambi.

"Nah, kami dari hilir juga punya itu. Namun selama ini kami belum merasakan perhatian untuk kesenian atau tradisi kami dari Cerenti, padahal kami juga punya," sebut Yendi, sapaan pria itu sehari hari.

Maka dari itu, lanjutnya lagi, kami sangat berharap acara ini mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kuansing, karena sangat wajar kami meminta agar kegiatan tradisional dari tempat kami juga di perhatikan pemerintah, kami juga bagian dari Kuansing," demikian Yendi mengutarakan.

"Sangat beralasan rasanya kami meminta kepada Pemkab Kuansing,  untuk memasukkan kegiatan ini dalam agenda Pemerintah Kuantan Singingi," tambahnya.

Maryendi memperkirakan kehadiran pengunjung setiap tahunnya, sekitar 4 sampai 5 ribu pengunjung. Dimana, katanya, data itu dari sesuai dengan karcis atau tiket masuk untuk parkir kendadaraan yang disediakan panitia.

"Setiap tahunnya, sekitar 4 ribuan orang selalu memadati lokasi kegiatan Potang Balimau Kasai di Pulau Bayur ini," ujarnya. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler