Kanal

Dahlan Iskan tak Bersedia Dicalonkan dan Dipilih

Surabaya, Hariantimes.com - Dahlan Iskan menyatakan tak bersedia lagi dicalonkan dan dipilih menjadi Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS). 

Penegasan tak bersedia dicalonkan dan dipilih lagi sebagai Ketua Umum SPS itu disampaikan Dahlan Iskan dalam sambutannya pada Pembukaan Kongres SPS XXV di Gedung Siola Kota Surabaya, Rabu (06/02/2019).

Kongres SPS XXV yang dipimpin Dr H Syafriadi ini dihadiri Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pertimbangan Basril Jabar, Pengurus Harian dan Pengurus SPS Cabang di seluruh Indonesia. Dari SPS Riau hadir H Zulmansyah Sekedang selaku ketua, Oberlin Marbun selaku Bendahara, Maskur, Novrizon Burman, Abdul Kadir Bey dan lain-lain. 

Dahlan menuturkan, dirinya sudah menjadi Ketua Umum selama tiga periode. Yakni sejak Kongres ke-22 di Jakarta, lalu Kongres ke-23 di Bali, terakhir di Batam. 

''Tahun 2007 saya menggantikan Pak Jacob Oetama. Walaupun saat itu saya masih ingin Pak Jacob lah lagi yang memimpin SPS,'' kata Dahlan Iskan mengenang 12 tahun lalu.

Waktu itu, sebut Dahlan, dirinya juga tak berkenan menjadi Ketua Umum. Dan, supaya tak dipilih Dahlan buru-buru meninggalkan kongres kembali ke Surabaya. 

''Kalau tak hadir di kongres kan tidak dipilih. Begitu ketentuan PD PRT SPS,'" tambah Dahlan.

Tapi, imbuhnya, begitu dirinya tiba di Surabaya dirinya ditelepon Pak Jacob. 

''Melalui sambungan seluler yang speakernya diperdengarkan ke peserta kongres, Pak Jacob meminta saya menjadi Ketua Umum,'' tukas Dahlan Iskan.

Sekarang, kata Dahlan, saatnya jabatan tersebut diserahkan. Silakan dicari dan dicalonkan figur yang oleh peserta dinilai pantas menjadi ketua umum. 

"Di kongres ini banyak hadir tokoh-tokoh muda,'' tegas mantan Dirut PLN itu.

Menariknya, Dahlan ingin kongres berjalan lancar. Karena itu, peserta kongres memilih Dr H Syafriadi menjadi Pimpinan Sidang. 

''Kita memiliki Pimpinan sidang yang sudah teruji, seorang Doktor. Tadi dia ada, mana Pak Dr Syafriadi,'' kata Dahlan disambut tepuk peserta. 

''Saya Pak,'' jawab Syafriadi yang duduk satu meja dengan Pengurus Harian SPS Pusat.

Penunjukan itu beralasan. Pasalnya, mantan Ketua SPS Cabang Riau selama 10 tahun itu, empat kali kongres tak pernah absen menjadi Ketua Sidang. Mulai dari Kongres ke-22, 23, 24 dan sekarang ke-25. Syafriadi didampingi SPS Cabang Banten.

Hingga Rabu pukul 16.00 WIB, pelaksanaan kongres berjalan lancar. Ketua Sidang Syafriadi, berhasil merampungkan pembahasan tata tertib. Lalu laporan pertanggung jawaban Pengurus SPS Periode 2015-2019. Rencananya, esok siang peserta kongres akan memilih Ketua Umum baru 2019-2025.(*/ron) 

Berita Terkait

Berita Terpopuler