Kanal

Pengajian Dan Sholawatan Bersama 98 Tahanan, Kapolres Siak: Secara Hakiki Kita Semua Sama di Mata Allah SWT

Siak, Hariantimes.com - Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSi mengadakan kegiatan pengajian dan sholawatan bersama 98 orang tahanan Polres Siak di Gedung Endra Dharma Laksana, Sabtu (03/02/2024) pagi.

Pada kegiatan yang bertemakan "Isra Mikraj Untuk Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai di Polres Siak" itu hadir sebagai penceramah dan sekaligus memimpin doa Gus Roudhy Al Mustafa selaku Pembina Majelis Preman Langit dan juga turut dihadiri para Pju Polres Siak, Camat Lubuk Dalam, santri dan diikuti oleh seluruh personel Polres Siak.

Kepada awak media, Kapolres Siak mengatakan, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan kegiatan pengajian ini dikawal ketat oleh personel dan sesuai dengan SOP penjagaan dan pengawalan kepolisian.

"Kegiatan ini merupakan wujud bahwa kami dari Polres Siak menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah kepada siapapun, termasuk kepada saudara kita yang sedang menjalani proses hukum, mereka memiliki hak yang sama dan perlakuan yang sama di mata hukum. Secara hakikinya, kita semua juga sama di mata Allah SWT," sebut Asep Sujarwadi.

Kapolres berharap, dengan kegiatan ini bisa memberikan motivasi dan pencerahan secara mental spritual kepada para tahanan, sekaligus sebagai proses mawas diri atas semua perbuatan yang telah mereka dilakukan.

"Sebagian besar dari para tahanan banyak yang terharu, bahkan ada yang menangis. Saya yakin dan percaya para tahanan banyak yang menyesali perbuatan yang telah mereka lakukan dan semoga saja  para tahan bisa merubah dirinya lebih baik lagi kedepannya," jelas Kapolres.

Asep juga mengungkapkan, para tahanan juga memiliki hak yang sama dalam pemilu nantinya. Mereka berhak memilih siapa saja yang akan menjadi wakil rakyat ataupun presiden dan wakil presiden nantinya.

"Kami juga menyampaikan pesan pemilu damai kepada semua tahanan. Dan mereka berhak memilih siapapun menurut hati nurani mereka masing-masing. Karena itu, perlakuan dalam proses pemilu nanti tetap sama dengan masyarakat yang lain. Cuma suasana dan tempatnya saja yang berbeda," kata Kapolres sembari menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten Siak terkait prosedur proses pemungutan suara nantinya kepada para tahanan Polres Siak.

'Kita pastikan bahwa situasi jalannya pemilu damai akan berjalan dengan aman, tertib dan lancar," katanya.

Diakhir acara terlihat AKBP Asep mmimpin Sholawatan yang diiringi Hadroh santri dari pesantren kandangan diikuti seluruh yang hadir. (rls)

Berita Terkait

Berita Terpopuler