Kanal

Pemdes Kembung Luar Gelar Pelatihan Kewirausahaan untuk Pemuda

BANTAN, Hariantimes.com – Para pemuda pemudi Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan mengikuti pelatihan kewirausahaan dan ekonomi kreatif (ekraf). 

Kegiatan yang ditaja oleh Pemdes Kembung Luar mendatangkan narasumber Koordinator Kecamatan Bantan Bidang ekonomi Firmanto S,Pd di Ruangan Aula Kantor Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan Bengkalis, Sabtu (12/8/2023)

Kepala Desa Kembung Luar Jamaluddin mengatakan, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dalam meningkatkan kualitas SDM pemuda dan pemudi Desa Kembung Luar.

"Pada tahun lalu saja sudah banyak pelatihan yang digelar, diantaranya pelatihan membuat makanan dari mangrove dan makanan khas Melayu Bengkalis yang mendatangkan narasumber dari Pemkab Kabupaten Bengkalis. Kemudian pelatihan adat dan budaya, pelatihan tata rias," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (12/08).

Selanjutnya kata Jamaluddin, pihaknya kembali melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan ekraf serta pelatihan peningkatan peran Karang Taruna Desa. Untuk kewirausahaan dengan fokus peningkatan manajemen dan promosi, mendatangkan narasumber dari koordinator dari Kecamatan Bantan Bidang ekonomi, Firmanto SPd
 

"Secara umum, pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi berwirasuaha dan membantu pemuda pemudi menemukan ide-ide usaha dan merancang sebuah rencana usaha," ujar Jamaluddin.

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Bantan, Muhamad Zahari juga mengatakan, Kepada 30 peserta yang hadir dalam kegiatan wirausaha, banyak kegiatan yang dilakukan bersama Desa lainnya, Hal ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar bisa lebih berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian mereka dengan usaha alternatif.

"Disamping mereka punya pekerjaan tetap namun desa juga perlu mempunyai terobosan baru agar tingkat usaha dan pendapatan masyarakat lebih baik serta menudukung program pemerintah," ujarnya.

Salah seorang narasumber koordinator Kecamatan Bantan Bidang Ekonomi Firmanto S,Pd pada acara tersebut, Firmanto memberikan pencerahan terkait dengan pemasaran dan juga pelatihan materi yang di sampaikan kepada 30 anggota pelatihan wirausaha muda yang sukses kedepannya.

Turut hadir Sekretaris Desa Faizan,S.Pd ketua BPD yang akrab dipanggil Muhammad Heri Riau, ketua karang taruna kembung luar, Kepala Dusun,dan tokoh masyarakat lainnya.(don)

Berita Terkait

Berita Terpopuler