Kanal

MAN 4 Pekanbaru Gelar Muqaddaman Al-Qur'an dan Sumbang Buku Inspirasi

PEKANBARU, Hariantimes.com - Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, MAN 4 Kota Pekanbaru menggelar Muqaddaman Al-Qur'an  dan menyumbangkan buku ispirasi, yang diikuti seluruh siswa dan para guru di lapangan upacara madrasah di Jalan Yos Sudarso KM 15, Rumbai, Pekanbaru pada, Jumat (21/7/2023) pagi.

Kegiatan yang digelar setiap pagi Jum'at, secara kontinyu dilaksanakan sebagai bagian dari implementasi  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) di MAN 4 Pekanbaru.

Juga sebagai lanjutan kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang baru, berupa pembiasaan tadarusan Al-Qur'an. Para siswa baru kelas X TP 2023/2024, dari perwakilan Kelas International, Riset, Cekatan, dan Moderasi, memandu kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru Agus Salim Tanjung MA di wakili Wakil Kepala Bidang Kurikulum Cholid MA, menyerahkan sertifikat keikutsertaan para siswa baru kelas X dalam Program English Boothcamp kepada 2 siswa peraih score tertinggi, yakni Dendi Septria Yunir dan Siti Aisyah dari kelas internasional.

Dalam sambutannya yang menggunakan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia tersebut, Cholid MA menyampaikan, bahwa segenap civitas akademika madrasah harus tumbuh cekatan. Karena dengan karakter cekatan tersebut, akselerasi menjadi madrasah unggul dapat dicapai.

"Tak hanya siswa yang terus berproses tekun dan menggapai ragam prestasi akademik dan non-akademiknya, para gurunya juga harus terus memperdalam pengetahuannya, dengan keikutan pada berbagai bimtek pembelajaran untuk upgrade dan update pengetahuan," ujarnya.

"Ya, madrasah kita akan terus mengikhtiarkan tersemainya tradisi sekolah atau madrasah unggul, bagi seluruh civitas akademikanya. Untuk awalan, english language area akan secara konsekuen dilaksanakan".

Kegiatan ditutup dengan serah terima sumbang inspirasi 126 buku biografi untuk H Awaloeddin Library, dari siswa kelas X yang menamakan angkatan masuknya sebagai "Generasi Juara".

Kegiatan serah terima tersebut disampaikan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, yang juga Ketua Panitia Matsama, Zendri Hendri, MPd, kepada Kepala Perpustakaan Anah Mutaslimah, S.Pd. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran para siswa untuk berpartisipasi menginspirasi warga madrasah melalui kesadaran membaca.

"Dengan bertambahnya koleksi perpustakaan madrasah berupa ratusan buku biografi ini, semoga dapat menginspirasi warga madrasah untuk menjadi pribadi-pribadi kaya inovasi seperti banyak tokoh dunia dan Indonesia," ujar Zendri.

Kepala H Awaloeddin Library, Anah Mutaslimah SPd berkomitmen terus mengoptimasikan layanan dan menciptakan komunitas literasi yang semakin baik di MAN 4 Kota Pekanbaru. Karena, Perpustakaan yang buruk hanya membangun koleksi, perpustakaan yang baik membangun layanan, perpustakaan yang hebat membangun komunitas, ujarnya menyitir best quotes dari Sidney Sheldon.(*)

 

Berita Terkait

Berita Terpopuler