Kanal

Polres Dumai Giat ‘Jumat Curhat’ di Mesjid Bustanul Abidin

Dumai, Hariantimes.com - Polres Dumai melaksanakan giat ‘Jumat Curhat’ di Mesjid Bustanul Abidin Jalan Natuna Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota, Jumat (31/03/2023).

Program Jum’at Curhat ini merupakan salah satu cara Polri untuk mempererat silaturrahmi dengan masyarakat, melaksanakan sosilasiasi serta diskusi untuk mengetahui situasi dan merespon persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat.

Tak hanya menerima sesi tanya jawab, kegiatan Jumat Curhat ini juga untuk mendengarkan dan menampung seluruh masukkan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

“Melalui program Jum'at Curhat ini diharapkan mampu menciptakan dan menjaga kondusifitas wilayah Kota Dumai. Dan kita dengarkan keluhan-keluhan serta masukkan dari masyarakat, khususnya untuk kemajuan Kota Dumai maupun kemajuan institusi Polri baik di bidang pelayanan kepada masyarakat, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai,” harap Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kasat Binmas Polres Dumai AKP Hardiyanto SE MSi.

Kasat Binmas Polres Dumai juga menyampaikan, Kapolres Dumai memiliki program inovasi yakni menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung melalui WhatsApp Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK di nomor 0819-9912-0002.

“Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung terhadap Kapolres Dumai melalui WhatsApp pengaduan AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui nomor 0819-9912-0002 ataupun layanan Kepolisian 110. Seluruh masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait apapun dari gangguan kamtibmas hingga yang membutuhkan penanganan segera. Dengan dipermudahnya akses dalam berkomunikasi dan bermusyawarah terhadap pimpinan Polres Dumai, maka diharapkan bersama kita bisa mengurangi tindak pidana maupun kejahatan lainnya,”info Kasat Binmas Polres Dumai.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Kasat Binmas Polres Dumai memberikan himbauan terkait menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan berharap dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024, situasi Kamtibmas Kota Dumai tetap terjaga aman, damai, tertib dan kondusif meskipun memiliki pilihan yang berbeda-beda.

“Agar kita semua dapat menjadi coller system menghadapi Pemilu mendatang, tidak boleh mendukung salah satu calon atas nama organisasi suku dan agama karena dapat menimbulkan terjadinya konflik internal serta agar persatuan kerukunan beragama maupun kesukuan dapat menjadi organisasi netral untuk menjaga situasi Kota Dumai terhindar dari konflik. Namun bagi rekan-rekan yang bukan TNI-Polri maupun ASN apabila hendak mendukung salah satu calon atas nama pribadi, tentunya dipersilahkan. Mohon sampaikan dan serukan kepada keluarga, saudara dan seluruh masyarakat agar bijak dalam menggunakan sosial media selama tahun politik dan selama tahapan Pemilu 2024. Sementara bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar netral dan tidak terlibat politik praktis," imbau Kasat Binmas.

Memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi, kejahatan juga semakin meningkat terutama bongkar rumah dan perampokan lainnya baik di toko hingga para nasabah bank.

Sebelumnya Kapolres Dumai telah mempersilahkan seluruh masyarakat untuk berkoordinasi dengan Kepolisian terkait pengamanan dan pengawalan jika hendak membawa uang dalam jumlah besar, dan pelayanan tersebut gratis.

“Pencurian dengan bongkar rumah terutama rumah kosong agar diantisipasi bila keluar rumah ataupun meninggalkan rumah dalam waktu lama agar menitipkan kepada tetangga sekitar, Ketua RT dan Bhabinkamtibmas setempat agar dilakukan kontrol dan patroli secara rutin. Hidupkan ataupun aktifkan kembali Pos Satkamling diwilayah masing-masing serta agar memasang CCTV di setiap rumah ataupun Pos Satkamling di wilayah masing-masing,” tegas Kasat Binmas.

Tak hanya itu, lanjut AKP Hardiyanto, para orangtua agar memperketat pengawasan terhadap anak-anaknya khususnya pergaulannya supaya tidak terlibat aksi tawuran, balap liar hingga kejahatan jalanan lainnya.

“Di bulan yang suci ini, mari bersama kita jadikan Bulan Ramadhan menjadi ladang pahala,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan, kegiatan diisi dengan sesi tanya jawab, yang mana Kasat Binmas Polres Dumai beserta rombongan mendengarkan dan menampung seluruh masukkan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler