Kanal

Produktif dan Berkinerja Baik Dalam Publikasi, Tiga Jurnal Unilak Naik Peringkat Akreditasi di Shinta

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tiga jurnal Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau naik peringkat akreditasi di Science and Technology Index (Sinta).

Keberhasilan ini semakin banyak jurnal di Unilak yang terakreditasi mulai dari peringkat 5 hingga peringkat 2.

Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. Sehingga menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi. 

Sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi. Bagi dosen, semakin banyak menulis dan publis maka dosen akan semakin di kenal dan dapat membantu peningkatan pengurusan pangkat. 

Tiga jurnal yang naik akreditasi peringkat yaitu Jurnal J Coscis di Fasilkom terakreditasi Sinta 5 yang di kelola oleh Pandu Pratama Putra MKom, jurnal Ilmu Budaya di FIB Sinta 5 dengan pengelola Iik Idayanti,M.Hu, dan Jurnal Bidik yang fokus pada Pengabdian Kepada Masyarakat akreditasi Sinta 6 dengan pengelola Eko Noprianto SIP MA.

Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami MKom yang dihubungi Selasa (07/02/2023) mengatakan, kabar ini tentu saja membanggakan, dan prestasi baik sekali bagi pengelolaan jurnal. Sinta adalah parameter bagi pegelolaan jurnal memberikan kontribusi yang baik dan terukur dikalangan akademisi bisa menjadi semacam taget untuk memenuhi kewajiban publikasi dan bisa di lekatkan kepada pengurusan fungsional dosen.  

Menurut Zamzami, ini menandakan atmosfir akademik melalui jurnal sangat standarisasi diakui secara nasional, artinya ada tambahan tiga jurnal yang meningkat akreditasi tentu saja ini menandakan pengelola jurnal di Unilak kinerja sudah baik, ini menjadi penting bagi khalayak ramai bahwa pengelolaan jurnal di Unilak memiliki kinerja baik.

"Kami mendorong dosen dosen Unilak terus produktif dan kreatif untuk menulis artikel dan publis di jurnal terakreditasi. Ini akan membantu meningkatkan pemeringkatan universitas dan akreditasi," ucap Zamzami.

Sementara itu pengelola jurnal J-Coscis Pandu Pratama bersyukur jurnal J-Coscis dapat pengakuan akreditasi dari Sinta. Alhamdulillah membuahkan hasil, kami berharap dengan keberhasilan ini semakin banyak dosen dosen Unilak yang produktif dan kreatif.

Semakin banyak dosen yang menulis dan publikasi akan menguatkan iklim akademik perguruan tinggi.

"Kedepan kami menargetkan jurnal J Coscis dapat naik peringkat. Salah satu cara yang kami lalukan adalah dengan menerbitkan artikel berbahasa inggris, minimal setahun dua x artikel berbahasa inggris," ucap Pandu.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler