Kanal

ASG OSIM MAN 4 Pekanbaru Gelar Lawatan Historical and Tourist Sites

PEKANBARU, HarianTimes.com - Para siswa MAN 4 Kota Pekanbaru yang tergabung dalam pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK), menggelar  kegiatan Active Student Gathering (ASG)  di Candi Muara Takus, Kampar, Riau, pada  Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan yang digelar sebagai wadah familiarity atau keakraban sesama pengurus, sekaligus konsolidasi gagasan di ujung periode kepengurusan OSIM-MPK masa bhakti tahun 2022 ini, diisi dengan lawatan historical and tourist sites di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Ketua OSIM MAN 4 Pekanbaru, Farhan Syamren Kyoto menjelaskan, kegiatan ASG yang bertajukkan "Solid mendutai Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil'Alamin” ini, diikuti 47 pengurus OSIM-MPK di bawah bimbingan Bidang Kesiswaan Madrasah.

“Kegiatan gathering ini menunjungi 3 objek wisata, yakni kompleks Candi Muara Takus di XIII Kota Kampar untuk lawatan historical sites-nya, serta di Tepian Mahligai Pulau Gadang dan Pucak kompe Koto Masjid untuk lawatan lawatan tourist sites-nya,” ujar Farhan yang juga finalis Duta Pelajar Indonesia Tahun 2022, didampingi Wakil Ketua OSIM, Al Aziz Dwi Fadli.

Di kompleks Candi Muara Takus, Zendri Hendri MPd, Waka Kesiswaan yang juga Guru Bidang Studi Sejarah MAN 4 Kota Pekanbaru dan Zulkifli Juru Pelihara Situs Cagar Budaya, Kompleks Candi Muara Takus untuk BPCB Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau, yang telah bekerja sejak Tahun 2001, jabarkan sejarah, fungsi, dan bagian-bagian dari candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya tersebut.

“Lawatan sejarah ini adalah metode rekreasi sekaligus pembelajaran efektif untuk meneroka memoar peradaban bagi generasi z saat ini sebagai penerus rajutan simpul-simpul ke-Indonesiaan kita," ujar Zendri saat bersama Aprianto SPd, staff Bidang Kesiswaan Madrasah. (*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler