Kanal

Istri Dewan Kuansing Selamat Dalam Kebakaran Bus Zakki Buana Tour

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Sebuah bus yang mengangkut para pengurus Perasatuan Kesejahteraan Keluarga Dewan DPRD Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengalami kebakaran hebat diperjalanan menuju Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kawasan Muaro Kalaban Kota Sawah Lunto, Selasa (13/12/2022) sekira pukil 18.00 WIB.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kuansing, Drs Rustam saat dikonfirmasi HarianTimes.com pada Selasa (13/12/2022) malam melalui sambungan telepon sellulernya.

Menurut Kadis PPKBPPPA Kuansing, kebakaran itu berawal dari kerusakan yang dialami armada bus bernomor polisi BM 7964 JU membawa penumpang yang merupakan para istri Anggota DPRD Kuansing dalam rangka untuk mengikuti Pelatihan Peningkatan Kwalitas Keluarga (PPKK) di Kota Padang, Sumbar yang akan dilaksanakan pada Rabu (14/12/2022).

“Sebelum terjadi kebakaran tersebut, bus itu sempat mengalami kerusakan diperjalanan. Nah setelah diperbaiki, bus itu pun melanjutkan perjalanan kembali menuju Kota Padang. Namun setibanya di Kawasan Muaro Kalaban Kota Sawah Lunto ada salah satu pengendara mobil Avanza memberitahukan bahwa dibagian belakang bus tersebut mengalami kebakaran, ada api yang menyala dibagian mesin belakang bus,” beber Rustam.

Diketahui, bus tersebut milik perusahaan jasa angkutan atau tour dan travel Zakki Buana Tour mengangkut sebanyak 30 orang penumpang didalamnya. Dimana Zakki Buana Tour merupakan perusahaan yang ditunjuk sebagai pihak penyelenggara dan perjalanan tersebut.

“Muatannya 30 orang, ada istri Anggota DPRD atau PKKD DPRD Kuantan Singingi, ada juga Staf Sekwan dan Staf Dinas PPKBPPPA disitu. Karena tidak semua pengurus PKKD atau istri dewan yang ikut dalam bus itu, ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi,” jelas Rustam.

Ketika ditanya HarianTimes.com lebih lanjut, Kadis PPKBPPPA Kuansing mengaku dirinya tidak berada dalam bus yang mengalami kebakaran tersebut. Dimana ia menggunakan kendaraan dinasnya dengan jam keberangkatan yang berbeda pula.

“Rombongan berangkat dari Teluk Kuantan pukul 08.00 WIB, bus tersebut mengalami kebakaran sekitar pukul 18.00 WIB, disana ada staf dinas dan staf sekwan yang mendampingi, sementara saya karena ada kegiatan lain paginya, baru berangkatnya siang menuju Kota Padang,” jelas Rustam.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa, dimana saat kejadian semua penumpang berhasil meloloskan dan menyelamatkan diri, dengan berhamburan dan berlarian meninggalkan bus yang tengah mengalami kebakaran hebat tersebut.

“Alhamdulillah semua penumpang dan sopir bus tersebut selamat dengan kondisi tidak terluka, usai kejadian semua penumpang sudah dievakuasi dengan menggunakan bus lainnya,” jelas Rustam.

Saat dikonfirmasi kepada salah seorang istri Anggota DPRD Kuansing atau Pengurus PKKD Kuansing, Diana Olensia Tani Maspar Mahmur mengaku dirinya tengah berada di ibukota Pekanbaru, Riau.

“Lagi kegiatan pelatihan di Pekanbaru, tidak ikut dalam rombongan. Semoga rekan rekan para ibu ibu Anggota DPRD Kuantan Singingi yang tengah dalam perjalanan tersebut semuanya selamat dan tidak berkurang satu apapun hendaknya,” ucap Diana Olensia Tani Maspar.

Sementara itu, ketika HarianTimes.com berupaya untuk mengkonfirmasi kepada pihak penyedia jasa Zakki Buana Tour hingga berita ini diterbitkan belum mendapatkan jawaban, meskipun pesan tersebut sudah dibacanya (2 tanda centang biru) terkait kebakaran armada bus miliknya yang tengah mengangkut para istri Anggota DPRD Kuansing itu.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler