Kanal

Hasil Panen Padi Meningkat, Petani Desa Gunung Kesiangan Sejahtera

GUNKES, HarianTimes.com Hasil Panen Padi IP200 musim tanam tahun 2022 masyarakat mengalami peningkatan di Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana hal ini merupakan suatu perubahan baik dalam peningkatan perekonomian masyarakat yang didukung melalui Dana Desa yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Gunung Kesiangan Tahun 2022 dan Program Bantuan Lahan Kering Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau 2022.

Kepala Desa (Kades) Gunung Kesiangan, Firdaus SAg didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Benai dan Kaur Umum Desa Gunung Kesiangan Desi melakukan pengambilan sample ubinan Padi IP200 Tahun 2022, Ahad (23/10/2022) di Lahan Persawahan Desa Gunung Kesiangan.

“Alhamdulillah kita bersyukur tahun 2022 ini hasil panennya memuaskan, dan semua hasil tanam padi kita selamat dari hama, mudah mudahan mampu mendukung perbaikan perekonomian masyarakat kita yang berlatar belakang mayoritas petani hendaknya,” ungkap Firdaus.

Lebih lanjut disampaikan Firdaus, untuk pembiayaan masa tanam tahun 2022 di lahan pertanian seluas 41 hektare dibantu dengan program bantuan lahan kering pertanian Provinsi Riau.

“Untuk benih dilahan persawahan seluas 41 hektare dibantu dengan program bantuan lahan kering pertanian Provinsi Riau,” beber Firdaus yang merupakan Alumnus IAIN (sekarang UIN) Suska Riau.

Sementara itu, sambung Firdaus, untuk biaya pengolahan lahan persawaahan seluas 41 hektare dengan dana desa tahun 2022, termasuk untuk pemupukan padi tersebut, dianggarkan melalui dana desa.

“Untuk itu saya atas nama masyarakat Desa Gunung Kesiangan mengucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur Riau H Syamsuar yang telah membantu memalui program bantuan lahan kering pertanian tahun ini,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Firdaus juga mengucapkan terimakasih terhadap dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing melalui dana desa yang dapat dianggarkan untuk perbaikan perekonomian masyarakat desa yang dianggarkan dalam APBDes Gunung Kesiangan Tahun 2022.

“Terimakasih Pak Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang senantiasa memberikan support atau dukungan melalui sumber keuangan daerah yang digelontorkan melalui dana desa, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Gunung Kesiangan,” ucap Kades Gunung Kesiangan yang pernah menjadi adik tingkat Bupati Kuansing H Suhardiman Amby semasa dibangku perkuliahan itu.

Sementara itu, PPL BPP Kecamatan Benai Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Ketahanan Pangan Kuansing, Syafri Lubis SP menyampaikan, bahwa hasil panen padi di Desa Gunung Kesiangan tahun 2022 ini mengalami peningkatan dari musim tanam sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun hasil panen padi di Desa Gunung Kesiangan 5.1 Ton per hektare. Sementara pada masa tanam tahun sebelumnya 4.2 Ton per hektare. Dimana secara kalkulasi tahun ini terjadi peningkatan hasil panen 0.9 Ton per hektare,” jelas Syafri Lubis yang merupakan penerima anugerah sebagai Penyuluh Teladan Terbaik 1 se-Kabupaten Kuansing yang diberikan langsung oleh Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby Ak MM dalam rangka HUT Kuansing ke 23 di Lapangan Limuno Teluk Kuantan.

Dimana keberhasilan yang mampu dicapai oleh para petani padi di Desa Gunung Kesiangan ini, sambung Syafri Lubis, berkat kerjasama masyarakat yang mau diarahkan dengan pola tanam IP200 serta adanya dukungan Pemerintahan Desa, dalam hal ini Kades Gunung Kesiangan.

“Keberhasilan ini merupakan suatu wujud berhasilnya Kades Gunung Kesiangan, Pak Firdaus dalam perbaikan dan peningkatan perekonomian dibidang pertanian terhadap masyarakat yang dipimpinnya, beliau selalu mendukung penuh semua program program peningkatan perekonomian terutama dibidang pertanian pemerintah baik itu Kabupaten, Provinsi maupun Pusat,” tandas Syafri Lubis.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler