Kanal

Fisip Unri Raih Rekor MURI Pantun Baris Terpanjang

Pekanbaru, Hariantimes.com - Jurusan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (FISIP Unri) meraih Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Adapun catatan rekor yang diraih adalah pantun dengan baris terpanjang yaitu 10.988 baris. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa agar dapat menggali potensi dan mengembangkan skill berpantun," sebut Ketua pelaksana kegiatan Milad ke-43 Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unri Dhea Yulisa di Auditorium Sutan Balia Fisip Unri, Selasa (18/10/2022).

Sementara itu, Wakil Dekan III FISIP Unri Chairul Anwar menngatakan, rekor MURI itu sebagai upaya untuk melestarikan dan menanamkan kecintaan budaya nasional kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Unri.

"Pemecahan rekor ini juga sebagai upaya kita dalam melestarikan budaya pantun kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional," ungkap. 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizan Zen mengatakan, UNESCO menilai, pantun memiliki arti penting bagi masyarakat Melayu, bukan hanya sebagai alat komunikasi sosial, namun juga kaya akan nilai-nilai yang menjadi panduan moral. 

"Pesan yang disampaikan melalui pantun umumnya menekankan keseimbangan dan harmoni hubungan antarmanusia," ujarnya pria yang kerab disapa Atuk Yos. 

Dikatakan Atuk Yos, pantun menyediakan wadah untuk menuangkan ide, menghibur, atau berkomunikasi antarmanusia, tanpa membedakan ras, kebangsaan, atau agama. 

"Tradisi pantun mendorong rasa saling menghormati antar komunitas, kelompok, dan individu,” jelasnya pula. 

Diungkapkan dia, keberhasilan penetapan pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tidak lepas dari keterlibatan aktif berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maupun berbagai komunitas terkait.

“Penetapan pantun adalah bukti kita bisa kerja bersama dengan negara lain untuk mengusulkan warisan budaya yang kita miliki,” terangnya. 

Atuk mengucapkan selamat kepada mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unri karena telah membuat pantun dalam jumlah 10.988 baris. 

"Selamat dan terima kasih atas terbentuknya karya - karya seperti pengumpulan pantun dalam jumlah yang banyak ini. Semoga ke depannya tetap bisa mencetak lebih banyak rekor muri dalam berpantun," ucap Atuk Yos.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler