Kanal

Wapres Ma’aruf Amin Resmikan Perubahan BRK Menjadi BRK Syariah

PEKANBARU, HarianTimes.com Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang semula bernama Bank Riau Kepulau Riau dan Kepulauan Riau atau Bank Riau Kepri (BRK) kini resmi berubah dari bank konvensional menjadi bank umum syariah.

Wakil Presidesn (Wapres) Indonesia Ma’ruf Amin langsung yang meresmikan perubahan menjadi BRK Syariah itu pada Kamis (25/08/2022) di Menara Dang Merdu BRK Syariah lantai 4, Kota Pekanbaru, Riau.

“Acara peresmiannya dilaksanakan secara hybrid, offline dan online. Untuk yang hadir secara offline, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat untuk mencegah Covid 19,” kata Pimpinan Cabang (Pincab) Teluk Kuantan Arifan Dinata yang berhasil HarianTimes.com konfirmasi, Kamis (25/08/2022).

Dimana izin konversi dari konvensional ke syariah ini, sesuai dengan Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor KEP-93/D.03/2022 tanggal 04 Juli 2022.

Dengan adanya SK tersebut, nama PT Bank Pembangunan Daerah Riau-Kepulauan Riau (Kepri) berubah menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Riau-Kepri Syariah (Perseroda) disingkat menjadi PT Bank Riau Kepri Syariah (BRK Syariah).

Demikian juga dengan Logo ikut berubah menjadi nuansa warna merah, kuning, dan hijau sesuai ciri khas Melayu dengan filosofi Tanjak dan Perahu Lancang Kuning.

Selain itu, BRK Syariah juga memiliki tagline yakni “Berkah Untuk Semua”.

“Iya sudah, lounching nya memang hari ini tanggal 25 Agustus 2022 oleh Pak Wapres Indonesia Ma’aruf Amin,” ujar Arifan Dinata membenarkan.

Sementara untuk pemberlakuan sistem dan aplikasi BRK Syariah, sudah diberlakukan sejak Senin, 22 Agustus 2022 lalu, dan sudah beroperasi dengan sistem syariah secara keseluruhan.

“Semua nasabah BRK yang sebelumnya akan berpindah secara otomatis menjadi BRK Syariah,” ucap Arifan Dinata.

Demikian juga untuk aplikasi mobile bankingnya, dari BRK Mobile langsung secara otomatis terupgrade menjadi BRKS Mobile di Handphone (HP) Android nasabah pengguna layanan mobile banking.

“Kalau pengaturan di HP nya langsung biasanya otomatis, kalau tidak bisa diupdate melalui iOS atau AppStore, Keyword nya brks mobile,” kata Arifan Dinata.

Sedangkan untuk sistem layanan dan kemudahan pada BRK Syariah, kata Arifan Dinata, “Brk Syariah mempunyai berbagai fitur dan layanan, salah satunya brks mobile (mobile Banking brk syariah) di dalam satu aplikasi untuk semua transaksi antara lainnya pembayaran listrik, PBB, ziswaf (zakat, infak, sedekah, wakaf), BI fast, pembayaran handphone, transfer, pembayaran menggunakan QRIS dll. Selain itu berbagai macam produk syariah baik di tabungan, deposito dan giro serta pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah,” jelasnya.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler