Kanal

Suhardiman Amby Gratiskan Lapak dan Bantu Modal Usaha Dengan Dana CSR

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com 
Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM membuka secara resmi Pacu Jalur Mini Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2022, pada Kamis (14/07/2022) di Tepian Ronge Biru Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana dalam perhelatan kali ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan dan diikuti oleh sebanyak 58 jalur mini se-Kabupaten Kuansing.

Plt Bupati H Suhardiman Amby menginstruksikan agar seluruh rangkaian pelaksanaan pacu jalur mini di Desa Pulau Aro ini dirancang dan disusun perencanaannya dengan baik setiap tahunnya, sehingga seluruh pembiyaannya bisa ditanggung melalui APBD Kuansing nantinya.

“Pak Kadis Pariwisata agendakan pacu jalur mini ini seperti yang di Desa Sukaraja, agendakan secara terencana dengan baik setiap tahunnya yang pada akhirnya seluruh pembiayaannya bisa ditanggung oleh APBD nantinya,” pinta Suhardiman Amby kepada Kadisparbud Kuansing Drs Azhar MM yang disambut dengan keprokan yang meriah dari masyarakat yang hadir.

Dalam kesempatan itu Suhardiman Amby kembali menegaskan keinginannya, dalam setiap Event Pacu Jalur yang dilaksanakan agar panitia tidak memungut biaya apapun dari pedagang yang merupakan masyarakat tempatan Kabupaten Kuansing.

“Intinya adalah bagaimana menjadi sebuah pertumbuhan ekonomi, jadi kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial, saya berharap ada sebuah multiplier effect yang harus dilahirkan yang ditimbulkan, yang saya katakan untuk pelaksanaan Pacu Jalur Event Nasional saya sudah canangkan kepada Kadis Pariwisata agar masyarakat kita bisa menguasai perekonomian selama pacu jalur berlangsung, mesti tuan rumah menjadi tuan rumah di negeri sendiri ketika pacu jalur berlangsung dengan cara menggratiskan lapak, ditambah lagi bantuan modal bagi masyarakat yang ingin berjualan,” kata Suhardiman.

Tentunya nilai pembiayaan atau bantuan modal ini, sambung Suhardiman, tidak akan sama besarnya, namun disesuaikan dengan jenis usahanya. “Contohnya, untuk jualan balon akan dibantu sebesar Rp 500 ribu, untuk jualan sate toge mungkin dibantu Rp 1 juta, dan untuk jualan pakaian unik unik Rp 2 juta, inilah yang saya minta kepada forum kades, camat para datuk dan ninik mamak untuk menapis semua masyarakat kita yang ingin menjadi pengusaha, yang tumbuh dari nol,” beber Suhardiman Amby yang merupakan orang nomor 1 di Kabupaten Kuansing itu.

Suhardiman juga berharap, akan adanya pengusaha-pengusaha baru yang merupakan masyarakat Kabupaten Kuansing, tunas-tunas baru yang bisa tumbuh dan wajib dibina oleh Pemerintah Daerah agar menjadi pengusaha yang sukses nantinya, sehingga dengan demikian akan terjadi kemajuan dalam perekonimian masyarakat daerah.

“Oleh karenanya saya sudah siapkan anggaran dari CSR Bank Riau Kepri atau dari Baznas, ini kita siapkan uang uang yang gratis tanpa bunga dan tanpa dikembalikan, tetapi penerimanya harus pas. Lapak itu tidak boleh disewakan kepada orang lain atau pedagang dari luar, dan penerima lapak gratis dan bantuan ini harus dilihat siapa penerimanya, jangan sampai salah orang,” tegas Suhardiman.

Selain Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM, kegiatan ini juga dihadiri oleh 2 orang Penasehat Ahli yakni Ir H Irman Oemar MSi yang merupakan mantan Pjs Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aherson SSos yang merupakan mantan Anggota DPRD Provinsi Riau, serta para Forkopimda Kuansing, para Pejabat Esselon Kuansing, Forkopimcam, tokoh masyarakat dan tokoh adat Kuansing.

“Saya minta kepada pak Kapolsek Kuantan Tengah untuk bisa membantu menjaga keamanan selama pacu jalur ini berlangsung, saya juga sudah menyiagakan BPBD dan Satpol PP Kuansing di lokasi pacu jalur ini, tolong dibantu untuk diback up nantinya, sebagai antisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan nantinya,” tandas Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.

Ketua Panitia Ajukan Sejumlah Usulan Bangunan Sebagai Pendukung Arena Pacu Jalur

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Pacu Jalur Mini Zulfikri Indra Putra mengajukan sejumlah usulan bangunan sebagai pendukung dan pelaksanaan di arena pacu jalur kepada Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby.

“Kami berharap agar bisa dibangun sejumlah fasilitas di arena pacu jalur ini nantinya, seperti tribun finish atau tribun hakim, dimana hal ini sudah lama diidamkan dan juga telah diajukan kepada pemerintahan pemerintahan sebelumnya, namun sejauh ini belum pernah terlaksana, hanya sekedar diterima saja,” ungkap Zulfikri.

Namun kali ini, Panitia Pelaksana Pacu Jalur Mini mewakili aspirasi masyarakat Kuantan Tengah khususnya Desa Pulau Aro sangat berharap kepada Plt Bupati H Suhardiman Amby agar mengabulkan keinginan sesuai kebutuhan arena pacu jalur tersebut.

“Kami sangat berharap agar pak Plt Bupati Suhardiman Amby bisa merealisasikan pembangunan pembangunan yang memang sangat dibutuhkan sebagai pendukung terlaksananya pacu jalur ini nantinya,” pinta Zulfikri.

Kades Pulau Aro Tegaskan Semua Lapak Pedagang dan Parkir Gratis

Pemerintah Desa Pulau Aro bersama Panitia Pelaksana Pacu Jalur Mini Tahun 2022 berkomitmen tetap menggratiskan semua lapak pedagang dan parkir kendaraan selama perhelatan berlangsung.

Dimana hal ini sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby, yang bertujuan agar menumbuhkan minat usaha atau dagang bagi masyarakat tempatan, sehingga terwujudnya peningkatan perekonomian masyarakat tempatan nantinya.

“Kita berkomitmen dalam pelaksanaan dan selama dilaksanakannya pacu jalur mini ini tetap tidak membebani biaya apapun kepada para pedagang yang berjualan dan pengunjung yang menyaksikan pacu jalur alias gratis,” tegas Kepala Desa (Kades) Pulau Aro Erlianto.

Dimana hal ini, sambung Erlianto, memang sudah kesepakatan sejak mula dilaksanakannya pacu jalur mini di Desa Pulau Aro tersebut. “Setelah berjualan tolong dibersihkan sampahnya, jangan juga dibiarkan berserakan oleh para pedagang, kita sangat komit dalam mendukung pelaksanaan pacu jalur mini ini setiap tahunnya,” tandas Erlianto.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler