Tahun Ini, UIR Terima 7.000 Mahasiswa Baru, Hafiz 30 Juz Gratis Biaya Kuliah Hingga Tamat


Dibaca: 3673 kali 
Senin, 13 Juni 2022 - 22:35:00 WIB
Tahun Ini, UIR Terima 7.000 Mahasiswa Baru, Hafiz 30 Juz Gratis Biaya Kuliah Hingga Tamat Tahun Ini, UIR Terima 7.000 Mahasiswa Baru.

Pekanbaru  Hariantimes.com - Kabar gembira bagi Hafiz/Hafizoh Al Qur'an 30 juz yang ingin kuliah di Universitas Islam Riau (UIR).

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 ini, UIR memanjakan para Hafiz/Hafizoh Al Qur'an 30 juz dengan beasiswa yakni gratis biaya kuliah hingga tamat.

Pemberian beasiswa bagi Hafiz/Hafizoh Al Qur'an 30 juz ini seiring komitmen UIR untuk menjadi Universitas Berkelas Dunia Berlandaskan Islam, Iman dan Taqwa.

"Bagi Hafiz/Hafizoh Al Qur'an 30 juz yang ingin kuliah di UIR akan diberikan kebebasan untuk memilih fakultas apa saja yang diinginkan. Selain itu, seluruh biaya kuliah mereka akan ditanggung kampus sampai mereka tamat. Begitu juga akan disiapkan asrama dan program agama sebagai pendukung kompetensi," sebut Wakil Rektor I DR H Syafhendri MSi didampingi didampingi Wakil Rektor 2 Dr Firdaus AR SE MSi AK CA, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Kurnia Hastuti ST MT serta Kepala Bagian Humas dan Protokoler Dr Harry Setiawan MIKom saat konferensi pers di Ruang Migas Center, Senin (15/06/2022) siang.

Syafhendry menjelaskan, Universitas Islam Riau pada Tahun Akademik 2022/2023 menyelenggarakan proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Jalur Khusus dan Jalur Umum. Dan pada jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UIR menyediakan beberapa pilihan metode yang bisa dipilih sesuai dengan potensi serta minat dan bakat yang dimiliki. Yakni Jalur Umum, Seleksi Berbasis Rapor (SBR). Salah satunya jalur yang memudahkan calon mahasiswa dengan hanya menggunggah kemampuan akademik yang didasarkan pada nilai rapor semester 3, 4 dan 5 pada bangku SMA/K dan sederajat.

Jalur Khusus, terdapat beberapa jalur yang bisa menjadi pilihan yaitu Jalur Prestasi Akademik Rangking 10 Besar, Jalur Prestasi Minat dan Bakat, Jalur Tahfidz Min 1 Juz, Jalur Beasiswa KIP Kuliah dan Jalur Difabel.

"Calon mahasiswa baru yang memilih jalur khusus, terlebih dahulu mengikuti prosedur dan persyaratan masing-masing jalur khusus yang dipilih. Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan maka akan diberikan Akun PMB dan mengisi data diri secara online melalui website https://pmb.uir.ac.id, mengunggah/upload scan rapor semester 3, 4, dan 5 secara terpisah sesuai ketentuan pada website, mencetak bukti lulus di website, membayar kewajiban/biaya masuk (Tahap 1 dan Tahap 2), melakukan verifikasi dokumen dan mengikuti kegiatan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)," beber Syahendry sembari menyebutkan, tahun ini UIR menerima 7.000 mahasiswa baru yang akan ditampung di sembilan fakultas dan program pasca sarjana. Sembilan fakultas tersebut yakni Tehnik, Hukum, Pertanian, FKIP, sospol, Agama Islam, Fikom, Psikologi, Ekonomi, dan pasca sarjana.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Kurnia Hastuti ST MT menjelaskan, setiap tahun  UIR memberikan beasiswa kepada sekitar 700 sampai 800 mahasiswa. Beasiswa ini ada yang berasal dari UIR sendiri, ada juga yang berasal dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Beasiswa juga kita berikan untuk difabel," katanya seraya menyampaikan, proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UIR melalui jalur khusus pola seleksinya ditentukan melalui asesmen Prestasi Akademis Rangking 10 besar, Bidang Minat dan Bakat, Tahfidz dan Difabel atau orang berkebutuhan khusus. Sedangkan untuk jalur umum, pola seleksi melalui asesmen kemampuan Akademis dari Nilai Rapor.(*)