Silaturahmi dengan Gubri, Jailani: Kami Mau Rancakkan Lagi Industri Wisata Antara Riau dan Malaka


Dibaca: 1526 kali 
Kamis, 09 Juni 2022 - 22:55:00 WIB
Silaturahmi dengan Gubri, Jailani: Kami Mau Rancakkan Lagi Industri Wisata Antara Riau dan Malaka Gubri Syamsuar menerima silaturrahmi Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan di Kediaman Gubernur Riau, Kamis (09/02/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubril) Syamsuar menerima silaturrahmi Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan di Kediaman Gubernur Riau, Kamis (09/02/2022).

Pertemuan ini dalam rangka mengaktifkan kembali sinergi yang telah terjalin untuk melanjutkan industri wisata antara Riau dan Malaka.

"Semula dan secara dasarnya kami mau rancakkan lagi industri wisata antara Riau dan Malaka. Hubungan antara Riau dan Malaka ini bukan dari ekonomi, sosial saja tetapi, hubungan Riau dan Malaka ini seperti satu keluarga Melayu," ungkap Menteri Pelancongan, Warisan dan Kebudayaan Negeri Malaka Dato Muhammad Jailani bin Khamis.

Pihaknya juga meminta Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru dibuka segera supaya adanya pesawat dari Malaka ke Riau

"Di waktu yang bersamaan untuk fery kita rencanakan pula perjalanan untuk RoRo Dumai Malaka ini dipercepat. Jika Riau bersedia tahun 2024 Malaka juga harus berserdia dan seiring berjalan," pintanya seraya mengatakan, dalam percepatan pelaksanaan Roro Dumai Malaka, pihaknya dan gubernur Riau telah menyetujui untuk dibentuknya panitia.

"Telah ada persetujuan agar satu panitia untuk pelaksanaan percepatan RoRo Dumai Malaka dan Insya Allah satu bulan kedepan akan dibentuk orangnya siapa-siapa saja," kata Jailani.

Sebagai informasi, Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman membawa Speaker Dewan Perwakilan Rakyat Melaka Datuk Wira Ibrahim, Menteri Keuangan Melaka Datuk Salhab, Menteri Jalan Raya dan Infrastruktur Melaka Rahmat Bagiman, Menteri Pariwisata Malaka Datuk Akmal, Kepala Dinas Wisata Melaka Aloysius Werang dan sebagainya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar mengucapkan terimakasih kepada Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan yang telah berkunjung untuk menjaga silaturahmi kedua negara ini.

"Alhamdulillah, hari ini kami menerima kunjungan Ketua Menteri Melaka. Hubungan bilateral antara kita dengan Negara Malaysia kian erat, menyatukan keinginan kemajuan kedua daerah dalam balutan silaturahmi serumpun. Kami sepakat menggesa pembangunan RoRo Dumai-Melaka agar segera rampung, memudahkan masyarakat saling kunjung. Apabila hal ini terwujud, bukan tak mungkin jembatan lintas selat Melaka juga dibangun di masa depan. Serta bekerjasama menempatkan stand promosi pariwisata di pelabuhan dan bandara Negara Malaysia. Semoga pertemuan bilateral ini dapat memberi dampak yang membangun untuk kita dan saudara kita di negeri seberang," ujar Gubri.

Pertemuan semakin larut dan hangat, sambil menyantap sarapan, joget Sonde suku akit dari Kabupaten Kepulauan Meranti pun kami perkenalkan, sekaligus menyerahkan karya jaket tenun karya desainer lokal kepada Ketua Menteri Melaka.(*)