Buat Konten, Warga Manyar Sakti Nekat Lewati Pagar Pembatas Kandang Orangutan di Kasang Kulim Zoo


Dibaca: 894 kali 
Selasa, 07 Juni 2022 - 23:33:14 WIB
Buat Konten, Warga Manyar Sakti Nekat Lewati Pagar Pembatas Kandang Orangutan di Kasang Kulim Zoo Tim yang dipimpin Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Arry Purnama Setiawan langsung turun ke lokasi untuk mengkonfirmasi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Seorang pria nekat melewati pagar pembatas kandang Orangutan di Kasang Kulim Zoo Riau.

Aksi pria berinisial HA, warga Manyar Sakti Kecamatan Binawidya, Pekanbaru ini terjadi pada Senin (06/06/2022) sekira pukul 13.00 WIB. Dan pihak pengelola mengetahuinya setelah berita viral di media sosial.

Pengelola Kasang Kulim Zoo Ides membenarkan kejadian tersebut. Dan menyebutkan, saat itu HA sengaja memanfaatkan kelengahan petugas saat istirahat untuk membuat konten dengan melewati pagar pembatas kandang satwa.

Terkait aksi nekat pria ini, Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau Fifin Arfiana Jogasara segera menurunkan tim untuk melakukan investigasi.

Tim yang dipimpin Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Arry Purnama Setiawan langsung turun ke lokasi untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Tim melakukan pengecekan kandang Orangutan. Kandang tersebut telah memenuhi persyaratan dimana terdapat pembatas dengan jarak yang cukup aman bagi pengunjung serta diberi papan peringatan untuk tidak memberi makan satwa dan melewati pagar pembatas. Tidak akan terjadi hal sebagaimana vidio yang viral di media sosial jika pengunjung tidak dengan sengaja melewati batas pengaman.

Tim segera menyampaikan soaialisasi dan himbauan baik secara lisan maupun tertulis kepada pihak pengelola Kasang Kulim Zoo agar meningkatkan pengawasan kepada pengunjung dan selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak memberi makan satwa serta melewati batas pengaman berupa papan peringatan maupun pengeras suara secara periodik.

Begitu juga dengan petugas agar dilakukan tugas bergilir sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kepada HA telah dilakukan pemanggilan untuk pembinaan di kantor Balai Besar KSDA Riau pada Selasa (07/06/2022) malam dan pada Rabu (08/06/2022) pagi akan dimintai keterangan kembali.

"Mari, jadilah pengunjung yang pintar dan cerdas. Tidak bertindak kurang pantas demi kepentingan pribadi dan kesenangan sesaat, namun merugikan pihak lain," imbau Fifin Arfiana Jogasara.(*)