Pojok Statistik Resmi Berdiri di FEB UIR


Dibaca: 1089 kali 
Jumat, 20 Mei 2022 - 14:16:56 WIB
Pojok Statistik Resmi Berdiri di FEB UIR Peresmian pojok statistik dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung Rektorat Universitas Islam Riau Lantai 4 pada Kamis (19/05/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Riau dipilih oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Riau menjadi salah satu Perguruan Tinggi untuk dibangun pojok statistik di Provinsi Riau.

Peresmian pojok statistik dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung Rektorat Universitas Islam Riau Lantai 4 pada Kamis (19/05/2022).

Dipilihnya Universitas Islam Riau sebagai salah satu kampus yang dipilih oleh BPS, berdasarkan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang pernah dilaksanakan oleh UIR dan BPS Riau beberapa waktu lalu.

Kepala BPS Provinsi Riau Drs Misfaruddin MSi selaku penyelenggara peresmian pojok statistik UIR dalam sambutannya menyampaikan, dipilihnya Universitas Islam Riau sebagai salah satu perguruan tinggi yang didapuk adalah berdasarkan tindak lanjut MoU yang pernah dilaksanakan belum lama ini. Atas dasar support dan effort yang besar inilah, maka sinergitas dalam membangun pojok statistik bisa terlaksana dengan lancar dan baik.

"Terima kasih kami kepada pihak UIR yang telah kiranya bersedia berkolaborasi dengan kami dalam program kami menciptakan kampus-kampus tinggi literasi statistik dengan pembangunan pojok statistik yang kami harapkan. Selain berguna untuk mahasiswa, tetapi juga dapat maksimal digunakan oleh civitas akademika lainnya,” ujar Misfaruddin.

Sebagai tuan rumah yang ditunjuk untuk didirikannya pojok statistik, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL menuturkan  kevalidan data tentu menjadi hal yang sangat penting.

"Segala yang kita jelaskan dan terangkan kepada masyarakat, terutama di dunia pendidikan tentu sangat penting untuk proses belajar mengajar bagi dosen dan mahasiswa. Langkah dengan peresmian pojok statistik ini baru langkah awal. Kita berharap akan ada langkah-langkah selanjutnya yang dapat kita laksanakan untuk pengembangan kedua lembaga kedepannya,” ungkap Prof Syafrinaldi.

Kepala BPS Republik Indonesia Dr Margo Yuwono SSi MSi mengatakan, didirikannya Pojok Statistik di perguruan tinggi berguna untuk mengedukasi para stakeholder terkait edukasi dasar mengenai statistik dan layanan informasi serta data yang valid, terutama bagi para mahasiswa dan dosen yang ada di UIR.

"BPS memberikan layanan yang luas bagi masyarakat, layanan yang kami berikan ialah berupa data. Data yang konkret, valid dan update adalah bagian dari tugas dan layanan kami,” ujar Margo Yuwono.

Acara lalu dilanjutkan dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Ketua BPK RI bersama dengan Rektor UIR, Dekan FEB UIR dan jajaran pimpinan dari UIR maupun BPS Riau serta pelantikan agen statistik UIR yang terdiri dari delapan mahasiswa yang berasal dari berbagai prodi yang ada di FEB UIR.(*)