Gubri Minta Malaysia agar Roro Dumai-Malaka Direalisasikan


Dibaca: 1175 kali 
Senin, 16 Mei 2022 - 18:09:25 WIB
Gubri Minta Malaysia agar Roro Dumai-Malaka Direalisasikan Gubernur Riau Syamsuar dan Menteri Pelancongan, Warisan dan Kebudayaan Negeri Melaka Datuk Muhammad Jailani.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta kepada pihak Malaysia agar Roro Dumai-Malaka direalisasikan.

Sebab, Roro Dumai-Malaka ini masih ada ujungnya di daerah Malaka.

"Kami menunggu pembangunan di Malaka selesai secepatnya, sehingga nanti dapat mendukung pembangunan kedua bangsa ini baik antara Indonesia maupun Malaysia. Karena pihak Pemerintah Indonesia sudah sangat siap," sebut Gubri saat menggelar pertemuan bersama Menteri Pelancongan Malaysia di Kediaman Gubernur Riau, Senin (16/05/2022).

Karena adanya kerjasama antara 2 negara Indonesia dan Malaysia terutama dalam pembangunan pariwisata dan perhubungan, sebut Gubri, maka dilakukanlah pertemuan ini.

"Kami juga mengusulkan juga pembangunan kembali infrastruktur Roro Dumai-Malaka itu bisa dibantu lanjutkan karena Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk membangun Roro dari Dumai ke Melaka," ujar Gubri sembari mengungkapkan, pembangunan infrastruktur Roro Dumai-Malaka harus di usulkan kembali karena antusias dari masyarakat juga tinggi.

Gubri juga menyampaikan, Menteri Pelancongan Malaysia ini juga akan memperjuangkan agar nanti pembangunan Roro Dumai-Malaka ini tetap berlanjut sehingga pembangunan yang di Dumai ini dilanjutkan oleh pihaknya.

"Datuk Jailani juga akan memperjuangkan dengan baik pembangunan Roro Dumai-Malaka ini agar dapat berlanjut sesuai dengan harapan kita bersama," kata Gubri seraya menyatakan, Menteri Pelancongan juga membawa investor dari Malaysia dalam rangka mendukung Green Energy.

"Pak Menteri juga bawa investor dari Malaysia dan kami juga menyampaikan kesempatan yang ada untuk berinvestasi di Riau baik untuk transportasi antar daerah seperti Dumai ke Pekanbaru atau ke daerah lain bisa terbantu dengan Green Energy ini," sebutnya.

Lebih lanjut, Syamsuar juga menyatakan jika ada keinginan seperti itu tentu pihaknya menyambut baik untuk persiapan Green Energy atau ekonomi hijau termasuk dengan perubahan Riau menjadi Riau Hijau.

"Kami mensupportlah jika ada keinginan - keinginan seperti itu dalam rangka untuk kemajuan 2 bangsa antara Indonesia dan Malaysia," tutupnya

Menteri Pelancongan, Warisan dan Kebudayaan Negeri Melaka Datuk Muhammad Jailani bin Khamis, mengungkapkan dari dulu pihaknya sedia maklum bahwa pemasukkan itu dari Malaka dan akan bawa permintaan Gubernur kepada Perdana Menteri Malaysia dalam rapat pada tanggal 29 Mei 2022 ini di Malaka.

"Semoga hal ini dapat dilaksanakan dengan segera," harapnya.

Hal ini  katanya, merupakan satu kesempatan yang baik untuk pemulihan ekonomi dan alhamdulillah pihaknya juga sudah diskusi bersama Gubernur Riau Syamsuar untuk jalur udaranya akan dilasanakan dalam waktu dekat.

"Pak Gubernur juga sudah setuju dengan saya untuk jalur udara juga akan kita gaungkan dari Bandara Sultan Syarif Kasim dan bandara Batu Berendam Belaka," imbuhnya.(*)