Camat Pitte Sampaikan Sejumlah Usulan, Plt Bupati Suhardiman Ingin Baserah Punya Daya Tarik


Dibaca: 1682 kali 
Senin, 25 April 2022 - 23:59:00 WIB
Camat Pitte Sampaikan Sejumlah Usulan, Plt Bupati Suhardiman Ingin Baserah Punya Daya Tarik Foto : Istimewa

BASERAH, HarianTimes.com Produksi sampah pasar, tempat usaha dan rumah tangga kian meningkat, untuk itu di butuhkan kendaraan operasional pendukung pengelolahan persampahan di Kota Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana saat ini kendaraan operasional yang pergunakan untuk mengangkut sampah yang di produksi Kota Baserah tidak lagi memadai, seiring bertambah suburnya aktifitas perekonomian di daerah yang merupakan cikal bakal Pacu Jalur tersebut.

Untuk itu sangat di butuhkan kendaraan operasional yang berkapasitas lebih besar dan kuat lagi untuk mengatasi permasalahan persampahan yang ada.

Hal itu di sampaikan Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi SIP dalam sambutannya saat pelaksanaan Safari Ramadhan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuansing di Masjid Al Mukhlisin Desa Kampung Medan, Senin (25/04/2022) malam.

Dengan demikian, kata Camat Kuantan Hilir, sangat di butuhkan penambahan armada pengangkutan sampah yang berkapasitas tinggi, seperti mobil dump truk agar bisa melayani lebih optimal lagi.

Sebab, kata Camat, armada yang ada saat ini hanyalah L300 atau roda empat yang sudah usang, dan berkapasitas rendah serta tidak sesuai dengan kebutuhan pengangkutan hasil produksi sampah.

“Untuk itu saya atas nama masyarakat Baserah Kecamatan Kuantan Hilir berharap agar Pemerintah Daerah Kuantan Singingi, dalam hal ini kepada Pak Bupati H Suhardiman Amby untuk memberikan atau merealisasikan keinginan masyarakat dalam pelayanan pengelolahan persampahan yang ada saat ini, sehingga permasalahan sampah ini bisa teratasi dengan baik dan sesuai kebutuhan nantinya,” jelas Jhon Pitte Alsi.

“Dimana kendaraan operasional jenis mobil L300 yang dimiliki tidak lagi bisa optimal dalam melayani kebutuhan pengangkutan sampah, selain kapasitasnya rendah juga sudah sangat usang, untuk itu kami sangat berharap agar Pak Bupati Suhardiman Amby untuk bisa menambah kapasitas kendaraan tersebut, yang semula L300 menjadi Dump Truck Colt Diesel, agar permasalahan sampah ini bisa teratasi nantinya,” sambung Camat yang akrab disapa Pitte itu.

Dimana hal ini, kata Pitte, juga merupakan sebagai salah satu pendukung untuk menciptakan tata kelola ibukota kecamatan yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga tercipta kota yang molek ke depannya.

“Hal ini bagian dari wujud sebagai bukti dukungan kami terhadap wacana Pemerintah Daerah yang akan melaksanakan tata kelola ibukota yang bagus dan memiliki kearifan lokal tersendiri nantinya,” ucap Camat yang merupakan putra asli Baserah itu.

Selain itu, sambung Jhon Pitte Alsi, untuk mendukung perhelatan Iven Pacu Jalur Kebudayaan Daerah Kabupaten Kuansing yang di tetapkan akan dilaksanakan di Kota Baserah ini, juga di butuhkan turap penahan tebing disepanjang arena pacu jalur Tepian Lubuok Sobae Baserah.

“Selain untuk penahan tebing agar tidak runtuh, juga berfungsi untuk mempercantik kawasan sepanjang arena pacu jalur Tepian Lubuok Sobae itu sendiri. Dimana tiga perempat sudah di turap, tinggal lagi beberapa ratus meter yang harus dilakukan penurapan terhadap tebing tersebut,” ujar Pitte.

“Jika tidak di turap, di khawatirkan akan terjadi longsor di saat tebing di padati penonton pacu jalur nantinya, termasuk tribune hakim di pancang finish juga di butuhkan renovasi atau rehab pada besi besi pengaman yang ada di tribune itu sendiri, karena kondisi saat ini sudah banyak besinya yang kropos, di takutkan nantinya bisa membahayakan jiwa para pengunjung atau tamu yang berada disana saat menyaksikan jalannya pacu jalur nantinya," beber Jhon Pitte Alsi yang pernah menjadi Camat di Kecamatan LTD itu.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM yang didampingi oleh sejumlah Forkopimda Kuansing, diantaranya Kapolres Kuansing yang diwakili Kapolsek Kuantan Hilir Iptu Asril SSos MH, Dandim 0302 Inhu yang diwakili Danramil 07/ Kuantan Hilir Kapten Inf Legimin, Ketua Baznas Kuansing Drs H Chaidir Arifin, Kakan Kemenag Kuansing Drs H Jisman MA, Anggota DPRD Kuansing asal Dapil II Maspar Mahmur SE Ak, Ketua MUI Kuansing H Bakhtiar Saleh SAg MH memberikan isyarat terhadap masyarakat Baserah, bahwa ke depan akan di bangun jalan jalur dua di sepanjang pusat ibukota untuk mempercantik kawasan ke depannya.

“Sesuai perencanaan untuk tata kelola kawasan ibukota kecamatan, akan di bangun jalan jalur dua nantinya, di mulai dari depan Masjid Raya At Taqwa Baserah hingga ke Simpang Pertigaan Kantor KUA Kuantan Hilir nantinya,” beber Suhardiman Amby yang sempat tumbuh dewasa di Kota Baserah itu.

Bagi Plt Bupati Suhardiman Amby, ia mengatakan bahwa Kota Baserah yang merupakan ibukota kedua Kabupaten Kuansing setelah Kota Teluk Kuantan, harus dilakukan peremajaan dengan cara mempercantik wajah ibukota ke depannya.

“Selain jalan jalur dua yang akan di bangun di sepanjang ibukota kecamatan, kita akan lakukan pembangunan Taman Kota di kawasan Pasar Usang tepatnya di seputaran Tugu Pemuda Baserah nantinya,” jelas Suhardiman Amby, Plt Bupati Kuansing yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.

Plt Bupati Kuansing yang juga didampingi langsung oleh Konsultan Pacu Jalur Aherson SSos, Sekda Kuansing H Dedy Sambudi SKep SKM MKes, Kepala Bappeda Litbang Kuansing Ir H Samsir Alam MM, Kepala Dispenda Kuansing Jafrinaldi AP MIP serta sejumlah Kepala OPD dan Kabag di Lingkungan Pemda Kuansing itu, ingin Kota Baserah punya pesona tersendiri bagi wisatawan terutama dalam pelaksanaan Pacu Jalur Iven Kebudayaan Kabupaten Kuansing.

“Sehingga setiap wisatawan yang datang untuk menonton pacu jalur, yang insya Allah akan kita laksanakan setiap bulan Agustus, yang di mulai sejak tanggal 14 hingga 17 Agustus setiap tahunnya di Kota Baserah ini akan merasa lebih nyaman dan memiliki daya tarik tersendiri nantinya,” jelas Suhardiman Amby dengan tegas, yang merupakan Alumni SMAN 1 Kuantan Hilir itu.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby juga menyerahkan bantuan dari dana hibah Pemda Kuansing untuk pembangunan sejumlah tempat ibadah, orang tua jompo serta anak yatim se-Kecamatan Kuantan Hilir.*