Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Mahasiswi Fekon Unilak Kuliah Lintas Kampus di PERBANAS Institute Jakarta


Dibaca: 944 kali 
Kamis, 21 April 2022 - 21:13:39 WIB
Mahasiswi Fekon Unilak Kuliah Lintas Kampus di PERBANAS Institute Jakarta Mahasiswi semester 6 Fakultas Ekonomi (Fekon) Jurusan Manajemen Unilak Pekanbaru Ester Muliyani Zega. 

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru telah memulai pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim beberapa tahun lalu.

Satu diantara implikasi program ini adalah pertukaran belajar mahasiswa atau mahasiswa dapat belajar di kampus lain. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswi semester 6 Fakultas Ekonomi (Fekon) Jurusan Manajemen Unilak Pekanbaru Ester Muliyani Zega. 

Ester, begitu wanita berdarah batak yang lahir di Perawang Kabupaten Siak ini disapa. Selain kuliah di kampus kebanggaan masyarakat Riau ini, ternyata Ester juga kuliah di PERBANAS Institute Jakarta.

Saat ditemui di Unilak, Ester tampak sedang mengikuti sesi foto untuk program promosi, ditemui usai pemotretan, ester tampak santai dan aktif untuk di perkuliahan. Dan telah tiga bulan kuliah di Perbanas dan menceritakan pengalamannya mengikuti kuliah di sana.

Diceritakannya, Program Merdeka Belajar yang digagas pak Menteri lah yang membantu dirinya bisa kuliah di Perbanas selama satu semester atau 6 bulan.

"Beberapa bulan lalu dapat informasi ada program Merdeka Belajar. Terus saya ikuti dan seleksi, ternyata lulus dan fakultas yang umumkan bahwa kuliah di Perbanas Jakarta. Akhirnya kuliah, kuliah tiap hari sabtu secara online, kadang dua jam, kadang lebih tergantung dosen," ujar anak bungsu dari 7 saudara ini.

Dikatakan Ester, keiikutsertaan kuliah di Perbanas pada program Merdeka Belajar karena keinginan untuk mencari teman baru, pengamalam baru dan cepat tamat kuliah.

"Ikut ini untuk membantu juga untuk cepat tamat. Sudah tiga bulan kuliah, belum ada kendala, tugas lancar dan selesai, mata kuliah yang saya ambil itu mata kuliah atas, Manajemen Strategi dosennya Dr Rahajeng Widia, dosen pembimbing saya di Unilak Dr Hadiyati," ujar Ester yang ber IPK 3,59 ini.

Program Pertukaran Mahasiswa/Pertukaran Belajar yang diikuti Ester terlaksana atas kerjasama yang telah dilakukan oleh Unilak dengan Perbanas Institute. Di bulan Juli 2021 telah menjalin kerjasama dengan Perbanas dan kampus UiTM Malaysia.(*)