Bupati Inhil Wardan Ajak Masyarakat Buat Minyak Goreng dari Kelapa


Dibaca: 1400 kali 
Rabu, 13 April 2022 - 18:00:18 WIB
Bupati Inhil Wardan Ajak Masyarakat Buat Minyak Goreng dari Kelapa Bupati Inhil Wardan Ajak Masyarakat Buat Minyak Goreng dari Kelapa.

Inhil, Hariantimes.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP mengajak seluruh masyarakat Inhil untuk memaksimalkan hasil bumi yakni kelapa untuk dijadikan produk minyak goreng.

Ajakan itu disampaikan Wardan saat rapat koordinasi bersama forkopimda dalam rangka kesiapan pemerintah kabupaten Indragiri hilir dalam menghadapi bulan ramadhan serta menjelang hari raya idul Fitri 1443 Hijriyah di lantai V kantor Bupati Inhil, Rabu (13/04/2022).

"Jika kita mau bergerak, maka kelangkaan minyak goreng ini tak akan berimbas fatal dan membuat resah. Karena kita bisa mengolah kelapa menjadi minyak goreng," ujar Bupati

Menurut Wardan, Kabupaten Inhil yang memiliki jumlah perkebunan kelapa yang sangat luas menjadikannya sebagai negeri hamparan kelapa dunia. Dan bukan sebuah rahasia lagi, bahwa tanaman kelapa memiliki banyak manfaat di mulai dari akar, batang, buah hingga daunnya memiliki peran dan manfaat yang berbeda beda jika diolah.

"Sangat sayang jika kita tidak memanfaatkan potensi alam yang kita punya ini. Santan kelapa yang kita hasilkan dari perasaan kelapa parut dapat berubah menjadi minyak goreng dan ini tentu membantu kita dalam menghadapi kelangkaan minyak goreng ini," sebut Bupati seraya mengatakan, kelangkaan minyak goreng yang menimbulkan keresahan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khusus nya di Kabupaten Inhil membuat pemerintah daerah berpikir keras untuk mengatasi permasalah ini, baik dengan menyurati pihak terkait sampai melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi.

"Orangtua kita dulu juga membuat minyak kelapa sendiri. Proses pembuatan nya juga tidak rumit, Santan lalu santan tersebut di biarkan selama 8 jam agar air dan sari Pati santannya terpisah. Terakhir tinggal di masak Sari Pati santan tersebut di atas api sedang sehingga berubah menjadi minyak  Jadi ayo kita manfaatkan hasil alam kita. Selain mencukupi kebutuhan memasak kita, minyak goreng juga bisa kita jual dan tentu akan laku dengan kondisi seperti ini," ajak Wardan.(*)