Ditugaskan Ke Mandalika, Plt Bupati Suhardiman : Untuk Izin Pacu Jalur Tahun 2022


Dibaca: 3131 kali 
Rabu, 16 Maret 2022 - 21:20:00 WIB
Ditugaskan Ke Mandalika, Plt Bupati Suhardiman : Untuk Izin Pacu Jalur Tahun 2022 Foto : Pejabat Kuansing Berfoto di Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB.

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Sebanyak 7 (tujuh) orang Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dituduh berleha-leha ditengah terjadinya keadaan kusut di daerah.

Dimana ternyata keberangkatan ketujuh orang pejabat tersebut, merupakan dalam tugas yang mulia diberikan oleh Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM guna menjawab keinginan masyarakat untuk bisa kembali melaksanakan perhelatan Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing tahun 2022 ini.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Kuansing sudah 2 tahun lamanya, selama terjadi pandemi Covid-19 tidak lagi menggelar iven Pacu Jalur yang merupakan kebudayaan masyarakat Kabupaten Kuansing.

Dalam keberangkatan sejumlah pejabat Kuansing itu, tidak hanya membawa 1 agenda kegiatan pacu jalur, melainkan 3 agenda sakral yang merupakan kebudayaan berciri khas asli Kabupaten Kuansing, yakni Iven Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi.

Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby kepada HarianTimes.com melalui via sellulernya, Rabu (16/03/2022) malam, terkait keberangkatan 7 pejabat Kuansing ke Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sempat viral dan dituduh berleha-leha sebelumnya.

“Pemda Kuansing mengagendakan audiensi dengan pihak Kementerian Pariwisata di Mandalika, pada Jum’at (18/03/2022) nanti, untuk izin perhelatan pacu jalur nantinya, dan mudah mudahan pak Menteri nantinya hadir langsung dalam audiensi tersebut,” jelas Suhardiman.

Plt Bupati Suhardiman Amby kembali menegaskan, bahwa keberangkatan anak buahnya tersebut, benar adanya dalam tugas untuk bisa terselenggaranya Iven Pacu Jalur Tahun 2022 di Kabupaten Kuansing nantinya.

“Ini sifatnya urgent, demi kepentingan bersama dan untuk masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, jangan kan ke Lombok, ke ujung dunia pun kita kejar. Sebab, sudah 2 tahun kita tidak pernah lagi mengadakan pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi,” tegas Suhardiman.

“Mereka (pejabat Kuansing .red) berangkat dalam tugas mempromosikan Iven Pacu Jalur Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan di 3 tahapan berbeda nantinya. Pertama, Pacu Jalur Kabupaten yang akan digelar di Kuantan Mudik. Kedua, Pacu Jalur Kebudayaan yang akan digelar di Kuantan Hilir. Ketiga, Pacu Jalur Iven Nasional yang akan dilaksanakan di Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, yakni di Tepian Narosa Teluk Kuantan nantinya,” jelas Suhardiman Amby lebih merinci lagi.

Untuk itu, Plt Bupati Suhardiman Amby kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mendukung semua program Pemda Kuansing sehingga mampu menjadi Kabupaten yang berdaya saing.

“Jangan terlalu cepat menyimpulkan hal hal yang belum jelas adanya. Sebab, itu bisa menjadi penyebab perpecahan akibat issue dari orang yang tidak bertanggungjawab, mari kita bersatu untuk kemajuan daerah kita sehingga mampu mewujudkan Kabupaten Kuantan Singingi yang Bermarwah,” tandas Suhardiman Amby.*