Buka MTQ XVI Kecamatan Tenayan Raya

Walikota: Belajar Alquran Membentuk Generasi Muda yang Qur'ani


Dibaca: 921 kali 
Ahad, 06 Maret 2022 - 19:15:00 WIB
Walikota: Belajar Alquran Membentuk Generasi Muda yang Qur'ani Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT membuka MTQ XVI Tingkat Kecamatan Tenayan Raya di Masjid Paripurna Amaliyah Jalan Hangtuah Ujung, Sabtu (05/03/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Tingkat Kecamatan Tenayan Raya di Masjid Paripurna Amaliyah Jalan Hangtuah Ujung, Sabtu (05/03/2022).

Acara pembukaan MTQ ini dihadiri saat Camat Tenayan Raya, Lurah, Forkompimcam, Babinsa, Babinkamtibmas, LPM dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di kota Pekanbaru ini menyebutkan, belajar alquran untuk membangun kemandirian dan membentuk generasi muda yang alqurani maupun untuk membangun kemandirian atau daya saing yang tinggi.

"Kita harapkan belajar alquran ini untuk membangun dan membentuk generasi muda yang alqurani. Dan Musabaqah Tilawatil Quran seperti yang disampaikan panitia dan juga Pak camat, adalah ajang untuk memberikan kesempatan maupun memotivasi anak-anak kita. Dan juga untuk memberikan kesempatan," ujarnya sembari menyampaikan, remaja dari keluarga muslim sudah bisa membaca alquran.

"Alhamdulillah dalam 10 tahun terakhir ini, masyarakat Pekanbaru dari remaja keluarga muslim bebas dari buta aksara alquran dan juga untuk anak-anak yang menjadi qori dan qoriah tahfiz semakin banyak jika dibandingkan dari tahun sebelumnya. Tahun 2012 kita masyarakat Pekanbaru pada saat itu punya beban, karena 35 persen dari remaja keluarga muslim, itu tidak bisa baca alquran. Alhamdulillah dari tahun 2016 lalu kita sudah bisa memberantas buta aksara alquran, walapun masih ada diperkirakan 3 sampai 4 persen. Tapi ini juga diperkirakan dengan mobilitas perpindahan penduduk," papar Walikota seraya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepada ustadz dan ustadzah di sekolah ataupun yayasan yang telah menyelenggarakan pendidikan alquran baik dalam bentuk tempat pengajian alquran ataupun rumah tahfidz.(*)