Dialog Siswa SMKN 6 Pekanbaru Bersama Rektor, Rio: Saya Ingin Kuliah di Unilak


Dibaca: 1048 kali 
Kamis, 06 Januari 2022 - 15:26:29 WIB
Dialog Siswa SMKN 6 Pekanbaru Bersama Rektor, Rio: Saya Ingin Kuliah di Unilak Dialog Siswa SMKN 6 Pekanbaru Bersama Rektor Unilak Dr Junaidi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Pekanbaru yakin memilih Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru sebagai tempat kuliah.

Keyakinan itu diutarakan langsung oleh Rio, siswa  kelas 12 di hadapan Rektor Unilak Dr Junaidi di gedung SMKN 6 kota Pekanbaru, Kamis (06/01/2022).

Pernyataan tersebut disampaikan Rio saat melakukan dialog bersama Dr Junaidi yang memberikan motivasi bagi siswa-siswi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus.

Saat memberikan motivasi juga dilakukan dialog bersama siswa, saat itu Dr Junaidi menanyakan siapa adik-adik yang telah memutuskan usai tamat SMK melanjutkan kuliah, seketika itu langsung Rio mengangkat tangan dan maju kedepan. 

Di depan Rektor Unilak, Rio menyampaikan, dirinya telah merencanakan untuk melanjutkan kuliah. Kuliah dimana tanya Rektor? langsung dijawab Rio di Universitas Lancang Kuning.

"Saya ingin kuliah di Unilak. Cita-cita saya ingin jadi pengacara seperti abang ipar saya yang pengacara," ujar Rio

Mendapatkan informasi itu, Dr Junaidi langsung merespon dengan langsung memberikan free pendaftaran dan meminta staf humas Unilak untuk mencatat nomor telepon Rio. 

Dikatakan Dr Junaidi, di Unilak ada Fakultas Hukum yang telah berakreditasi A. 

Sekitar 200 siswa hadir untuk mendengarkan motivasi dari Rektor Unilak. Ada tiga siswa yang berdialog dengan Rektor. Siswi lainya yang bernama Amelia menyebutkan telah memilih kampus di Padang sebagai tempat kuliah, 

"Saya pilih Akuntansi, pilihan pertama itu dan kedua hukum," ujar Amelia kepada Rektor. 

Dikatakan Dr Junaidi, bawah apa yang direncanakan Rio dan Amelia patut ditiru karena telah merancang masa depan untuk meraih cita-cita. Bahwa sejak bangku sekolah harus telah memutuskan kemana akan melanjutkan pendidikan, apakah ingin wirausaha atau kuliah. 

Dijelaskan Dr Junaidi, kemanapun adik adik kuliah itu sesuaikan dengan minat, pelajari mana yang cocok, sesuaikan keinginan adik- adik, hobinya apa? tadi saya lihat di sini (SMKN 6) ada beberapa jurusan tadi, Lancang Kuning juga ada berapa jurusan kalau anda tertarik silakan lanjut ke Unilak, kalau anda ingin lebih, bisa ke Jawa. Jadi yang terpenting saya ingatkan adalah semangat untuk kuliah itu, jika ada perbedaan dengan pilihan orang tua maka solusinya adalah dialog dan komunikasi. Ketika target utama tidak tercapai maka perlu rencana B, C. Ketika tidak lulus PTN maka bisa ke PTS. 

"Saya sama seperti adik adik, tamat SMA tahun 94, di kelas satu belum berencana kuliah. Tapi ketika kelas dua saya rencanakan kuliah, dan target saya pilihan pertama bisa kuliah di Jogja dan plan B di Bandung, akhirnya S1 di Unpad Bandung dan S2 di UGM Yogyakarta," ujar Dr Junaidi. 

Dalam motivasinya Dr Junaidi menyatakan oerlu ditanamkan dalam hati untuk kuliah, bahwa persaingan zaman hari ini luar biasa jadi harus mempersiapkan sejak dini. Ingat persoalan kuliah di perguruan tinggi bukan semata-mata persoalan tidak ada uang orang tua tidak mampu bukan itu. jika keinginan kuat ya pasti ada jalan. 

Saat kunjungan ke SMK 6 Dr Junaidi disambut hangat oleh Dra Geni Wilyarti MM Kepala sekolah SMK 6 Pekanbaru yang juga alumni Pascasarjana Unilak, turut hadir Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Dekan Fasilkom Fadrijal MKom dan Kabag Media Promosi M Revnu Ohara.(*)