Terkait LKPD, Kabupaten Siak Pertahankan Predikat WTP Selama 10 Tahun Berturut-turut


Dibaca: 981 kali 
Rabu, 15 September 2021 - 13:15:00 WIB
Terkait LKPD, Kabupaten Siak Pertahankan Predikat WTP Selama 10 Tahun Berturut-turut Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten II Hendrisan dan PLT Kepala BKD Rubiati di ruang Bandar Siak.

Siak, Hariantimes.com - Kementerian Keuangan RI menggelar Rapat kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021, Selasa (14/09/2021).

Kegiatan ini diikuti seluruh Kepala Daerah se-Indonesia, rapat kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah daerah tahun 2021 dan digelar secara virtual oleh Kementerian Keuangan RI dengan mengusung tema “Bangkitkan ekonomi, pulihkan negeri bersama hadapi pandemi”.

Dalam sambutannya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan Pemerintah pusat maupun daerah akan terus menjaga akuntabilitas keuangan negara dalam rangka penanganan pandemi COVID-19, dengan melibatkan penegak hukum.

"Kegiatan ini sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelaporan dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. untuk itu, Pemerintah saat ini tengah bekerja keras dalam menggunakan instrumen APBN untuk meringankan dan memulihkan ekonomi diindonesia,” terang Sri Mulyani.

Disebutkannya, ada beberapa lembaga penegak hukum yang bersinergi dengan pemerintah untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara sebagai upaya menghindari potensi terjadinya risiko penyelewengan terhadap uang negara, yang pada akhirnya mengurangi efektivitas dari program pemerintah.

Pada rapat kerja Nasional akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 diumumkan beberapa provinsi Kabupaten Kota yang menerima penghargaan WTP dengan kategori laporan keuangan tahun 2020 dari kementerian keuangan RI, termasuk diantaranya Kabupaten Siak sebagai penerima penghargaan WTP 10 kali berturut-turut.

Daerah yang terus menjaga keuangan negara dan membangun tata kelolanya pada Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Penghargaan diberikan kepada 486 Pemerintah Daerah dari 542 pemerintah daerah atau 89,7 persen, yang terdiri dari 33 provinsi, 88 Pemerintah Kota dan 365 Pemerintah Kabupaten, termasuk didalamnya Kabupaten siak.

Pemerintah Daerah Kabupaten Siak telah menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian 10 kali berturut-turut sejak tahun 2011-2020.

Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten II Hendrisan dan PLT Kepala BKD Rubiati di ruang Bandar Siak mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini.

“Alhamdulillah, Kabupaten Siak telah dapat mempertahankan prestasi predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 10 tahun berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD),” kata Alfedri.

Alfedri menambahkan, dengan raihan opini WTP ini dirinya berharap dan yakin dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah khususnya dan penyelenggaraan pemerintahan pada umumnya sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

“Terimakasih dan penghargaan yang setingi-tinggi atas dukungan dan komitmen dari seluruh stake holder baik OPD maupun seluruh masyarakat yang telah berkomitmen untuk membangun Siak yang kita cintai ini, saya berharap untuk terus dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih selama ini,” katanya.(infotorial)