Jaga Kelestarian Ekosistem Gambut, Wabup Inhil Buka Rakor Pelaksanaan SMPEI


Dibaca: 1229 kali 
Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:10:00 WIB
Jaga Kelestarian Ekosistem Gambut, Wabup Inhil Buka Rakor Pelaksanaan SMPEI Rakor pelaksanaan kegiatan Manajemen Pengelolaan Ekosistem Gambut berkelanjutan di Aula Bappeda Rabu (04/08/2021) siang.

Inhil, Hariantimes.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir) H Syamsuddin Uti membuka rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan kegiatan Sustainable Management of Peatland Ecosystems In Indonesia (SMPEI) atau Manajemen Pengelolaan Ekosistem Gambut berkelanjutan di Aula Bappeda, Rabu (04/08/2021) siang. 

Kegiatan rakor SMPEI atau Manajemen Pengelolaan Ekosistem Gambut berkelanjutan ini dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Inhil H Ir Iliyanto, penanggung jawab projects SMPEI-IFAD Inhil Hj Murnisyah SE MH,  Ketua TKPPEG (Tim Kerja Pengelola dan Pemelihara Ekosistem Gambut) dan Kepala Desa Intervensi Projects SMPEI-IFAD serta undangan lainnya. 

Untuk Kabupaten Indragiri ada 6 Desa yang menjadi projects SMPEI-IFAD TH 2021 Desa Simpang Gaung, Desa Taluk Kabung, Desa Rambaian, Desa Kerta Jaya, Desa Rabit dan Desa Bayas Jaya dengan kegiatan berupa pembangunan Sekat Kanal, Demplot Budidaya, pengelolaan Air Gambut.

Kegiatan yang diawali dengan penyerahan Mesin pompa jinjing pemadam hibah dari SMPEI-IFAD Inhil oleh Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti Kepada perwakilan Desa Intervensi Projects SMPEI-IFAD.

Wabup menyampaikan, program ini merupakan suatu perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan dengan metode pembahasan melalui pembangunan sekat kanal, kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan lembaga Dunia Internasional Fund For Agricultural Development (IFAD). 

IFAD merupakan organisasi internasional yang menaruh perhatian pada masalah pertanian di negara berkembang dengan memberikan soft loans dagrants untuk proyek-proyek lingkungan hidup dan pertanian.(advertorial)