Pemkab Inhil Terima Penghargaan Tingkat Pratama Kota Layak Anak


Dibaca: 622 kali 
Kamis, 29 Juli 2021 - 18:05:00 WIB
Pemkab Inhil Terima Penghargaan Tingkat Pratama Kota Layak Anak Wabup Inhil H Syamsuddin Uti menghadiri pengumuman penghargaan KLA secara virtual langsung dari ruang Multimedia Diskominfo Pers Kompleks Kantor Bupati Jalan Akasia No.1 Tembilahan, Kamis (29/07/2021).

Inhil Hariantimes.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir (Wabup Inhil) H Syamsuddin Uti menghadiri pengumuman penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 secara virtual langsung dari ruang Multimedia Diskominfo Pers Kompleks Kantor Bupati Jalan Akasia No.1 Tembilahan, Kamis (29/07/2021).

Kegiatan ini turut juga dihadiri seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengikuti program KLA tahun 2021 dan pada kesempatan tersebut Wabup Inhil H Syamsuddin Uti didampingi Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan, Kadis P2KBP3A, Kadis Pendidikan, Sekretaris Disdukcapil, Dinas Sosial, Ketua APSAI dan Pengurus, Camat Tembilahan dan Camat Tembilahan Hulu, pengurus TP PKK Inhil Pokja 1 dan Ketua Forum Anak Inhil. 

Untuk diketahui, ada 24 indikator KLA yang mencerminkan implementasi atas 5 klaster substantif Konvensi Hak Anak, yang meliputi: Klaster 1, Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, Klaster 2, Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Klaster 3, Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, Klaster 4, Pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; dan Klaster 5, Perlindungan khusus anak.

Sedangkan, apresiasi pelaksanaan KLA di daerah diberikan dengan 5 kategori, mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menerima penghargaan tingkat Pratama Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA) berdasarkan pengumuman dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) secara virtual. 

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE MSi dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Daerah penerima penghargaan karena membutuhkan kerjasama semua sektor dan komitmen yang kuat. Untuk itu, Semoga memberi kan inspirasi dan kekuatan sehingga program anak menjadi program prioritas dalam memberikan perlindungan kepada anak-anak Indonesia. 

Sementara itu, Wabup yang dimintai keterangan usai mengikuti pengumuman penghargaan KLA tahun 2021 mengatakan, alhamdulillah Kabupaten Inhil mendapat penghargaan pada KLA TH 2021. Semoga kedepan bisa ditingkatkan lagi dan sebagaimana yang disampaikan Mentri PPPA tadi bahwa Program Perlindungan Anak harus menjadi Prioritas utama baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

"Semoga penghargaan yang kita terima ini menjadi motivasi kita dalam meningkatkan perlindungan khusus kepada anak-anak yang ada di Kabupaten Inhil," ungkap Wabup.(adv)