Bupati Siak Resmikan Laboratorium Biomolekular RSUD Tipe D Perawang


Dibaca: 861 kali 
Jumat, 02 Juli 2021 - 15:10:00 WIB
Bupati Siak Resmikan Laboratorium Biomolekular RSUD Tipe D Perawang Bupati Siak Alfedri meresmikan Laboratorium Biomolekular RSUD Tipe D Perawang, Jum'at (02/07/2021).

Siak, Hariantimes.com - Bupati Siak Alfedri  meresmikan Laboratorium Biomolekular Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Perawang, Jum'at (02/07/2021). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita. 

Laboratorium ini untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19. 

"Labor Biomolekular PCR ini bukan hanya untuk masyarakat Tualang saja, tapi ini adalah untuk seluruh masyarakat se kabupaten Siak," jelas Alfedri. 

Selain itu lanjut dia, jika memungkinkan labor ini bisa juga digunakan untuk warga dari kabupaten Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.  

Dikatakannya, dengan bertambahnya jumlah laboratrium untuk pemeriksaan Covid-19 di Siak, maka diharapkan bisa menambah kapasitas dan kecepatan testing. Dengan demikian, dapat mempengaruhi peningkatan tracing dan treatment dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Semoga layanan laboratorium ini dapat berjalan dengan lancar. Selain juga kapasitasnya semakin meningkat di masa yang akan datang," harapnya.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Tonny Chandra menjelaskan, adanya laboratorium ini untuk menambah pelayanan penunjang kesehatan yang disediakan rumah sakit bagi warga. Terutama dalam upaya penanganan Covid-19.

Tonny menyampaikan labor biomolekuler sebagai penyediaan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode PCR, Isothermal dan tes cepat molekuler, mempercepat hasil pemeriksaan sampel pasien terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kemudian lanjutnya, mempercepat diagnosa perjalanan penyakit pasien Covid-19, dan mempersingkat waktu perawatan pasien dan mengefisienkan penggunaan sumber daya rumah sakit.

Di kesempatan itu, Bupati Alfedri, meluncurkan Penerbitan KK, Rekam dan Cetak KTP Elektronik di Kecamatan Tualang. Dilanjutkan peninjauan kantor UPT Disdukcapil dan melihat proses perekaman KTP. 

Turut hadir Kapolres Siak, Wakil dan Anggota DPRD Siak, Direktur RSUD Tengku Rafian, Camat Tualang, Kadis Pendudukan dan Catatan Sipil.(adv)