Jaga Ketersediaan Bahan Pangan, Gubri Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur


Dibaca: 875 kali 
Rabu, 30 Juni 2021 - 13:59:35 WIB
Jaga Ketersediaan Bahan Pangan, Gubri Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Hasil produksi beras Provinsi Riau baru bisa memproduksi sekitar 24,3 persen dari total kebutuhan konsumsi, yang akan semakin menigkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. 

Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Riau, selain meningkatkan produksi padi, perlu upaya peningkatan tanaman pangan lainnya seperti Jagung, Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu, Ubi Jalar dan Talas.

"Dengan begitu, perlu dilakukan upaya yang serius dan gerak cepat dari kita semua dalam penyediaan pangan," jelas Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Rabu (30/06/2021).

Karena itu, Gubri kembali mengajak para bupati/walikota serta berbagai komponen masyarakat untuk melakukan gerakan penyediaan pangan daerah melalui pemanfaatan lahan tidur. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani serta menjaga ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. Selain itu, pemanfaatan lahan tidur juga sangat berguna bagi kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. 

"Hampir semua bahan pangan utama di Provinsi Riau masih belum tercukupi dari hasil produksi sendiri. Ini artinya, Riau memerlukan pasokan dari daerah lain," sebut Gubri.(*)