Tingkatkan Pemahaman Akademik, Mahasiswa Magister Ilkom Unri Gelar FGD


Dibaca: 1126 kali 
Jumat, 09 April 2021 - 17:58:58 WIB
Tingkatkan Pemahaman Akademik, Mahasiswa Magister Ilkom Unri Gelar FGD Tingkatkan Pemahaman Akademik, Mahasiswa Magister Ilkom Unri Gelar FGD.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Riau (Unri) angkatan X menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di salah satu kafe di Jalan Arifin Ahmad, Jumat (09/04/2021).

Tema yang diusung dalam FGD ini sangat berkaitan erat dengan kebutuhan mahasiswa pascasarjana. Yang mana memerlukan banyak pemahaman terkait penelitian. Apalagi saat ini angkatan X sudah memasuki semester kedua.

Adapun tema yang diangkat yakni 'Penggunaan Zotero dan Mendeley sebagai Tools Reference Management dalam Penulisan Karya Ilmiah'.

Materi ini disampaikan oleh dosen dari Prodi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Assyari Abdullah SSos MIKom.

Komandan Tingkatan (Komting) Angkatan X, Yudhi Juliandra Dinata mengatakan, ini merupakan kali pertama pihaknya membuat kegiatan diskusi terkait akademik. Dan kegiatan ini disupport penuh oleh rekan-rekan satu angkatannya.

"Sekarang kan sudah semester II. Mudah-mudahan semester III, kami mungkin sudah bisa menyusun thesis. Makanya penelitian-penelitian seperti ini sangat dibutuhkan," kata Yudhi.

Ditambahkan Yudi, memang ada beberapa rekan angkatannya yang masih berada di kampung dan tidak bisa mengikuti FGD, namun dia membuka ruang virtual dengan aplikasi zoom.

Sementara itu, Kepala Prodi Magister Ilmu Komunikasi Unri Dr Welly Wirman SIP MSi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh angkatan X ini, karena para mahasiswa sudah memiliki inisiatif sendiri dalam membangun pemahaman akademis.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin bagi angkatan X maupun angkatan lainnya. Artinya tidak harus menunggu dari kampus. Mereka sudah membuat kegiatan diskusi sendiri, saya apresiasi hal-hal seperti ini," ujarnya.(*)