Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Fuji Sri Rahayu Bisa Kuliah Gratis di Unilak


Dibaca: 3005 kali 
Rabu, 31 Maret 2021 - 16:55:30 WIB
Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Fuji Sri Rahayu Bisa Kuliah Gratis di Unilak Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Fuji Sri Rahayu Bisa Kuliah Gratis di Unilak.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Bermodal Kartu Indonesia Pintar (KIP), Fuji Sri Rahayu bisa kuliah gratis di Universitas lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Dihubungi lewat telepon, Fuji menceritakan proses mendapatkan KIP. Disebutkannya, saat masih SMP orangtua pernah cerita tentang KIP. Setelah itu, petugas datang untuk mengsurvei dan wawancara, sebulan kemudian RT mengantarkan KIP ke rumah. 

"Jika tidak ada KIP, mungkin tidak bisa kuliah. Maklum penghasilan orangtua yang berkerja sebagai buruh batu bata di  Tenayan Raya tidak mencukupi untuk biaya kuliah. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada orangtua, karena sudah memperbolehkan saya untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Unilak, terimakasih juga kepada Pak Presiden dan Pak Menteri Nadiem. Sehingga ada ribuan anak Indonesia yang bisa melanjutkan kuliah," tutur Fuji yang meraih IPK 3,79.

Selain biaya kuliah yang ditanggung, katanya, penerima KIP juga dapat uang saku.  

"Allhamdulilah saya bisa fokus belajar. IPK saya 3,79. Uang saku digunakan untuk kebutuhan kuliah seperti ngeprint, beli buka dan uang jajan," katanya.


Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi dihubungi Selasa (30/03/2021) mengatakan, di tahun 2020 sebanyak 109 mahasiswa masuk Unilak menggunakan KIP Kuliah. Ke-109 mahasiswa itu tersebar di 9 fakultas. 

"Mahasiswa pemegang KIP mendapatkan bantuan uang kuliah Rp2,4 juta dan uang saku sebanyak Rp4,2 juta/semester atau Rp700 ribu setiap bulanya," ujar Dr Junaidi. 

Disebutkan Dr Junaidi, KIP kuliah ini betul-betul sangat bermanfaat. Dan manfaatnya sangat dirasakan bagi penerima, terlebih di saat Pandemi corona. 

"Bagi anak anak di Riau, pemegang KIP kami himbau untuk dapat melanjutkan kuliah di Unilak. Dan mahasiswa penerima KIP untuk dapat fokus belajar dan mempertahankan nilai bagus. Kami mengucapkan terimakasih kepada Presiden dan Menteri Pendidikan, karena di tahun ini kami mendapatkan informasi bahwa anggaran KIP meningkat," sebut Rektor..(*)