Minta Dukungan Dana Pelayanan Kesehatan, Bupati Meranti Sambangi Kemenkes


Dibaca: 1028 kali 
Senin, 29 Maret 2021 - 19:43:09 WIB
Minta Dukungan Dana Pelayanan Kesehatan, Bupati Meranti Sambangi Kemenkes Bupati Meranti menyambangi Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta, Senin (29/03/2021).

Meranti, Hariantimes.com - Untuk memperoleh dukungan dana APBN, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH terus meloby Kementerian dan lembaga yang ada Jakarta.

Kali ini, Bupati Meranti menyambangi Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta, Senin (29/03/2021).

Turut mendampingi Bupati, Kepala Bappeda Meranti Mardiansyah, Kabid PPM Bappeda Meranti Rosita SSTP MM, Staf RSUD Meranti Zulvian SKM dan lainnya.

Dalam kunjungannya, Bupati diterima langsung oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof Dr Abdul Kadir, PhD Sp THT-KL MArs.

Kepada DirjenPelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bupati Meranti HM Adil menyampaikan, sebagai Kabupaten baru mekar berada di daerah perbatasan sangat membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Kesehatan untuk mengesa pembangunan di bidang pelayanan kesehatan. Jika hanya mengadalkan dana APBD yang terbatas, tentunya amat sulit.

Ada beberapa usulan yang disampaikan Bupati. Di antaranya: 1. Pengadaan Alat Kesehatan di RSUD Meranti, 2. Pembangunan Gedung Rawat Inap Kapasitas 100 Kamar di RSUD Meranti, 3. Pembangunan Gedung Padiatric Intensive Care Unit (PICU) dan 4. Instalasi Pengolahan Air Limbah serta 5. Parasara Pengolahan Air Bersih.

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berharap usulan tesebut dapat direalisasikan oleh Kementerian Kesehatan. Yang tak kalah penting, sebagai daerah yang berada di lokasi prioritas Nasional, Kepulauan Meranti hendaknya menjadi prioritas sasaran pelaksanaan kegiatan Kemenkes yang dibiayai Dana DAK Tahun 2022," harap Mantan Anggota DPRD Riau 2 periode itu.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dibawah kepemimpinan HM Adil-H Asmar, tengah berkonsentrasi untuk melaksanakan 7 program strategis sesuai dengan Visi dan Misi Bupati. 

Salah satu dari program itu, adalah peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin di Meranti cukup dengan menunjukan KTP. Selain itu, Bupati juga sedang mengupayakan peningkatan status RSUD Meranti dari RS Type C menjadi RS Type B dengan membangun gedung pelayanan rawat inap RSUD Meranti berkapasitas 100 kamar plus penyediaan peralatan kesehatan untuk mengobati berbagai penyakit serta penambahan jumlah dokter spesialis.

Dan kunjungannya kali ini ke Kantor Kementerian Kesehatan RI merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan 7 program prioritas Bupati di bidang peningkatan pelayanan kesehatan.

Jika hal ini berhasil direalisasikan, Bupati Adil bercita-cita RSUD Meranti mampu melayani pengobatan berbagai penyakit yang diderita masyarakat. Dengan begitu, warga Meranti yang sakit tidak perlu berobat keluar. Cukup di Meranti saja.

Setelah mendengarkan semua masukkan dan usulan Pemkab Meranti yang disampaikan Bupati HM Adil, Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof Dr Abdul Kadir PhD Sp THT-KL MArs, menyambut baik berbagai usulan tersebut dan berjanji akan membantu.

"Kami akan mencoba membantu usulan yang paling prioritas. Untuk itu, kami minta Pemkab Meranti untuk memenuhi semua syarat adminsitrasi terkait pengusulan DAK Tahun 2022," ujar Prof Abdul Kadir.

Selanjutnya pertemuan formal yang berlangsung hangat tersebut ditutup dengan kegiatan silahturahmi.(*)

Penulis: Tengku Harzuin