Bupati dan Wabup Meranti Sampaikan 7 Program Strategis ke DPRD


Dibaca: 1973 kali 
Senin, 01 Maret 2021 - 14:21:43 WIB
Bupati dan Wabup Meranti Sampaikan 7 Program Strategis ke DPRD Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH menyampaikan visi dan misi serta 7 program strategis ke DPRD.

Meranti, Hariantimes.com - Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH menyampaikan visi dan misi serta 7 program strategis yang akan dijalankan pada periode kepemimpinannya. 

Hal itu disampaikan Bupati dalam Rapat Paripurna DPRD Meranti dengan agenda penyampaian sambutan Bupati Kepulauan Meranti Masa Jabatan 2021-2026, bertempat di Gedung DPRD Meranti, Senin (01/03/2021).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah MSi, dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kep. Meranti AKBP Purn H Asmar, Wakil DPRD Kepulauan Meranti H Khalid Ali, Wakil Ketua DPRD Iskandar Budiman dan Anggota DPRD Meranti, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, Ketua PKK Kepulauan Meranti Ny Rinarni M Adil dan Wakil Ketua PKK Ismiatun Asmar SE.

Mengawali pidatonya, Bupati HM Adil berharap ini merupakan awal penanda kemajuan Meranti dan kebahagiaan warga. 

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu menghilangkan semua perbedaan yang terhadi pada moment Pilkada lalu. Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar dan bersatu adalah sebuah keniscayaan untuk membangun Meranti dalam menggesa kesejahteraan Masyarakat," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Meranti HM Adil juga mengucapkan terima kasin kepada Bupati dan Wakil Bupati terdahulu Drs H Irwan MSi, H Said Hasyim. Serta seluruh Kepala OPD atas kontribusinya selama ini dalam membangun Meranti.

Selanjutnya dalam penjelasanya, Bupati Adil menyampaikan kondisi Meranti terkini. Dimana berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan di Meranti diangka 28 Persen masih yang tertinggi di Provinsi Riau, Tingkat Lama Belajar masih rendah, Angka pengangguran masih cukup tinggi, akses layanan pendidikan dan kesehatan masih belum memadai, masalah Abrasi dan Karlahut masih terus menghantui.

Kondisi itu menurut Bupati Adil semakin diperburuk dengan semakin kecilnya anggaran APBD Meranti. Meski begitu Bupati menegaskan tetap berkomitmen dan akan bekerja sekuat tenaga untuk membangun Meranti dengan mengupayakan sumber dana baik yang berada di Kementerian (Pusat) dan Provinsi.

"Dan itulah nanti yang akan kita gunakan untuk membiayai kebutuhan pembangunan yang tentunya juga didukung oleh DPRD dan Instansi Vertikal dalam mensukseskan agenda pembangunan," pungkasnya.

Dikatakan Bupati HM Adil, hakekat sebuah pembangunan adalah perbaikan kualitas pelayanan, akselerasi pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dan tantangan itu dijawab oleh Bupati dan Wakil Bupati Meranti HM Adil-H Asmar dengan melaksanakan Visi dan Misi yang dijabarkan dalam 7 Program Strategis. 

Seperti yang disampaikan Bupati Adil dihadapan Dewan DPRD Kepulauan Meranti. 

Visi dan Misi : Menjadikan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Yang Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Dengan Target Sasaran : 

1. Membangun Infrastruktur Dasar Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

2. Meningkatkan dan pemerataan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia melalui program Beasiswa S1 sampai S3, Mengangkat guru komite menjadi honor daerah, Pelatihan guru dan bantuan kepada Pondok Pesantren. Insentif kepada Imam masjid.

3. Menjadikan RSUD Meranti sebagai Rumah Sakit Rujukan dengan konsep ketuk pintu layani dengan hati.

4. Mencibtakan ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (Sapi, Kambing, Ayam), Petani dan Nelayan dan Pelatihan Masyarakat Pada Balai Latihan Kerja Agar Mandiri dan Mampu Membuka Peluang Kerja.

5. Menyediakan Pemenuhan Air Bersih yahg sehat dan berkualitas melalui Pembangunan dan Pengelolaan PDAM.

6. Pelayanan Administrasi Prima yang mudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap.

7. Penambah penerima Program Keluarga Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu di Kepulauan Meranti.

Sesuai dengan 7 program strategis itu, Bupati Adil mengaku akan fokus pada upaya membuka isolasi daerah dengan menghubungkan Meranti dengan daratan Sumatera. Membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan di Meranti sehingga masyarakat yang berada di desa kembali bersemangat dan tidak ragu untuk bercocok tanam, karena bisa dengan mudah membawa hasil kebunnya ke kota.

"Panjang jalan di Meranti secara keseluruhan 929 KM, dari jumlah itu 60.61 persen baik dan sisanya rusak. Untuk memperbaikinya dibutuhkan dana Rp2.3 triliun yang akan dibangun dengan menggunakan dana APBD daerah, APBD Provinsi dan Pusat. Dan ini harus digesa jika perlu dengan skema hutang daerah," jelas Bupati.

Karena Bupati Adil menginginkan pembangunan yang merata dari kota hingga desa, sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan. 

"Kita akan menjalankan program Smart City. Dimana proses pembangunan dapat dilihat langsung di layar TV. Karena kita ingin tinggal di Kota nyaman dan tinggal di Desa rasa di Kota," ucap Adil.

Terakhir guna mensukseskan Visi dan Misi Kabupaten, tak lupa Bupati meminta dukungan dan pendampingan dari pimpinan Instansi Vertikal khususnya aparat penegak hukum Kepolisian dan Kejaksaan, Legislator DPRD Meranti dan tentunya masyarakat.

"Kami mohon dukungan dan pendampingan dari pimpinan instansi vertikal dan DPRD Meranti, agar kami dapat mencurahkan fikiran dan tenaga dalam melaksanakan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat," pungkasnya.(*)