Apel Senin Pagi, Adil Ingatkan Pegawai Bekerja Tulus Ikhlas Sesuai Tupoksi


Dibaca: 1085 kali 
Senin, 01 Maret 2021 - 14:09:36 WIB
Apel Senin Pagi, Adil Ingatkan Pegawai Bekerja Tulus Ikhlas Sesuai Tupoksi HM Adil saat bertindak sebagai pembina upacara apel di halaman Kantor Bupati, Senin (01/03/2021).

Meranti, Hariantimes.com - Di hari pertama masuk kerja sebagai Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH mengingatkan setiap pegawai dapat bekerja dengan tulus dan ikhlas sesuai tugas dan fungsinya (tupoksi) masing-masing.

Penegasan itu disampaikan HM Adil saat bertindak sebagai pembina upacara apel di halaman Kantor Bupati, Senin (01/03/2021).

Turut hadir dalam Apel pagi itu, Wakil Bupati Meranti AKBP. Purnawirawan H Asmar, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr H Kamsol MM, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekdakab Meranti, Kepala Dinas dan Badan, serta Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Meranti.

Bupati mengatakan, demi kelancaran berjalannya roda pemerintahan diperlukan sinergitas dari seluruh Pejabat di lingkungan Pemkab Meranti dalam mendukung suksesnya Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati. Untuk itu diharapkan kepada seluruh Kepala OPD dan jajaran dapat menjaga kekompakkan dan bekerja dengan tulus ikhlas sesuai tupoksi masing-masing.

"Saya minta kepada seluruh Kepala OPD dapat bekerja optimal, tulus dan ihklas sesuai dengan tupoksinya masing-masing," pinta Adil.

Selanjutnya Bupati juga menyinggung soal wacana perampingkan OPD dilingkungan Pemkab Meranti. Langkah itu menurut Bupati bukannya tidak beralasan tapi menimbang anggaran yang terbatasan dan untuk mempermudah rentang kendali serta koordinasi ditiap OPD.

"Hal itu kita lakukan menimbang anggaran kita yang sangat terbatas dan untuk mengoptimalkan kinerja jalannya roda pemerintahan," jelas Adil.

Kemudian yang juga menjadi atensi Bupati Adil adalah masalah penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan agar Meranti dapat terbebas dari Asap. 

"Saat ini sudah memasuki musim kemarau saya harapkan upaya penanggulangan Karlahut dapat dioptimalkan agar Meranti terbebas dari asap," ucap Bupati.

Setelah bertindak sebagai Pembina Apel, Bupati dan Wakil Bupati Meranti, H.M Adil dan H. Asmar kembali mengumpulkan Kepala OPD untuk diberikan pengarahan. Dalam pengarahannya kepada seluruh Kepala OPD dan Kepala Bagian ditekankan beberapa hal.

Pertama mengajak semua Kepala OPD dan ASN untuk meningkatkan kekompakan bersama-sama membangun Meranti. 

"Mari kita bersama menjaga kekompakan dalam membangun Meranti dari yang sudah baik menjadi lebih baik lahi kedepan," ucapnya.

Selanjutnya Bupati mengingatkan kepada Kepala OPD tetap bekerja On The Track, jika melenceng dirinya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas hingga mutasi.

Sementara Wakil Bupati H Asmar menegaskan kepada Kepala OPD akan melakukan penilaian berbasis kinerja dengan tidak membeda-bedakan pegawai.

"Kami tidak akan membeda-bedakan pegawai yang penting kita sama-sama membangun Meranti," ucap Asmar.

Kemudian Wabup juga menekankan kepada seluruh ASN untuk meningkatkan disiplin, kebersihan lingkungan kerja dan menghindari Narkoba obat-obat terlarang serta perbuatan Asusila.

"Jika kedapatan mengkonsumsi Narkoba tidak ada ampun akan langsung kita berhentikan," tegas Wabup.

Terakhir purnawirawan Polri berpangkat AKBP tersebut mengajak semua ASN dilingkungan Pemkab. Meranti untuk mendukung semua kebijakan Bupati dan Wakil Bupati dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi yang telah ditegapkan.(*)

Intruksi Bupati Meranti HM Adil dan Wakil Bupati H Asmar:

1. Dengan keterbatasan dana APBD Bupati Adil meminta Kepala OPD lebih kreatif dan inovatif.

2. Tidak lagi melakukan penerimaan tenaga Honorer apalagi diluar keahlian.

3. Inventarisasi semua Honorer bekerja sesuai dengan bidangnya dan akan dilakukan seleksi sesuai dengan kebutuhan.

4. agar keuangan stabil dan pemerintahan tidak dipaksanakan.

5. Akan mengevaluasi semua pejabat yang bermasalah. 

6. Bekerja bersih bebas korupsi

7. Kegiatan yang dilaksanakan harus berbasis manfaat.

8. Tingkatkan disiplin dilarang ngopi pada saat jam kerja atau diluar yang telah ditetapkan. 

9. Menginventarisis semua Aset Pemda, termasuk kendaraan dinas dan perawatannya.

10. Semua ASN dan Honorer dihimbau menggunakan jasa Bank Riau Kepri agar Bank Plat merah itu dapat berkembang dan deviden yang kembali kedaerah lebih besar untuk membangun.