Rumah Sunting-SMAN 7 Kerjasama Literasi Konservasi

Kunni: Edukasi Konservasi Harus Diperluas


Dibaca: 1121 kali 
Selasa, 23 Februari 2021 - 14:28:46 WIB
Kunni: Edukasi Konservasi Harus Diperluas Pimpinan dan Pendiri Rumah Sunting Kunni Masrohanti saat diundang ke SMAN 7 Jalan Kapur, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru Dr Hj Nurhafni MPd, Selasa (22/02/2021).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Literasi Konservasi. Program inilah yang selalu dikedepankan Komunitas Seni Rumah Sunting Pekanbaru dalam menjalankan program sastra di komunitas tersebut. Program ini sudah dijalankan sejak tiga tahun terakhir. 

Hal ini dikatakan Kunni Masrohanti Pimpinan dan Pendiri Rumah Sunting saat diundang ke SMAN 7 Jalan Kapur, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru  Dr Hj Nurhafni MPd, Selasa (22/02/2021). 

Kunni datang sendiri, karena awalnya memang hanya diundang untuk silaturrahmi dan berbincang ringan seputar literasi. Tapi pertemuan tersebut kemudian berubah menjadi kerjasama. 

Kunni mengarahkan agar literasi yang akan dijalankan berupa literasi konservasi. Kunni juga menjelaskan kepada Bu Hafni kenapa harus literasi konservasi. 

''Rumah Sunting memiliki program Literasi Konservasi yang sudah kami jalankan sejak tiga tahun belakangan. Literasi Konservasi itu literasi berbasis lingkungan. Jadi puisi-puisi lingkungan atau puisi hijau, karena persoalan lingkungan dan konservasi menjadi tangungjawab bersama. Edukasi konservasi harus diperluas termasuk dengan jalan puisi,'' kata Kunni.

Sementara itu, Kepsek Nurhafni yang memiliki segudang prestasi dan akrab disapa Bu Hafni tersebut menjelaskan tentang kegiatan literasi sekolah yang sedang digalakkan di seluruh Indonesia. Karena itulah Bu Hafni kemudian mengajak Rumah Sunting melalui Kunni untuk menjalankan program literasi, berupa pendampingan menulis puisi hingga menjadi buku. 

''Alhamdulillah perbincangan dengan adinda Kunni sampai kepada kerjasama literasi. Setelah dipelajari, Kunni setuju dan mengarahkan kepada Literasi Konservasi. Ini sangat bagus, dan kami langsung tanda tangan berkas kerjasama,'' jelas Bu Hafni. 

Lebih lanjut Bu Hafni menjelaskan, kerjasama ini berupa pendampingan menulis puisi untuk siswa, sampai bisa dan sampai menjadi buku. 

''Nanti akan kami susun lebih detail lagi untuk teknis kerja samanya,'' sambung Bu Hafni.(*)