Bangkai Duyung Terdampar 30 Meter dari Bibir Pantai Pulai Bungkuk Dumai


Dibaca: 2107 kali 
Selasa, 09 Februari 2021 - 14:55:40 WIB
Bangkai Duyung Terdampar 30 Meter dari Bibir Pantai Pulai Bungkuk Dumai https://youtu.be/SipleXK8jFQ

Dumai, Hariantimes.com - Bangkai Duyung (Dugong dugon) terdampar  kurang lebih 30 meter dari bibir Pantai Pulai Bungkuk Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Sabtu (06/02/2021).

Bangkai duyung itu ditemukan masyarakat atas nama Djohar Mayuda yang bekerja di PT Pelabuhan Mundam Sejahtera yang mencium bau bangkai tak sedap dan menyengat di sekitar pantai PT tersebut. Karena keingintahuannya, akhirnya Yuda mendekat ke sumber bau tersebut dan dilihatnya ada bangkai yang dia duga sebagai seekor Pesut. Yuda langsung melaporkan ke call center Balai Besar KSDA Riau. 

"Minggu, 7 Februari 2021 petugas Resort Dumai, Seksi Konservasi Wilayah IV, menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya bangkai satwa yang terdampar di pantai dekat PT Pelabuhan Mundam (PMS) sebelah Pantai Pulai Bungkuk Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai," terang Kepala Bidang KSDA.

Sesuai perintah dan arahan Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV, katanya, Pada tanggal 7 Februari 2021 Tim Resort Dumai bersama masyarakat setempat dan KPA Jenggala langsung mengecek ke lokasi. Setelah dicek ternyata bangkai tersebut bukan Pesut, akan tetapi seekor Duyung (Dugong dugon). 

"Satwa tersebut sudah mati dan terdampar  kurang lebih  30 meter dari bibir pantai," katanya.

Hasil pengecekan petugas, beber Yuda, Duyung (Dugong dugon) ditemukan dalam kondisi mati, panjang sekitar 2 meter, lingkar perut 40 cm dan berat sekitar 140 Kg. Adapun  penyebab kematian tidak diketahui karena ditubuh satwa tersebut tidak ditemukan ada bekas luka atau sobekan (bila kena jaring atau baling2 kapal).

Karena bau bangkai Duyung (Dugong Dugon) tersebut sudah sangat menyengat, maka Tim Resort  Dumai, Seksi Konservasi Wilayah IV bersama dengan masyarakat setempat langsung menguburkan  bangkai Duyung (Dugong dugon) tersebut.(*)