Pemko Pekanbaru dan Unilak Bakal Bekerjasama dalam Pengembangan Bank Sampah


Dibaca: 962 kali 
Selasa, 02 Februari 2021 - 21:58:38 WIB
Pemko Pekanbaru dan Unilak Bakal Bekerjasama dalam Pengembangan Bank Sampah Walikota Pekanbaru Dr Ir H Firdaus ST MT saat menerima kunjungan Kabag Pengabdian LPPM Unilak, Jeni Wardi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama Universitas Lancang Kuning (Unilak) bakal bekerjasama dalam pengembangan bank sampah.

Pengembangan ini mengedepankan edukasi serta satu pemahaman yakni menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Walikota Pekanbaru Dr Ir H Firdaus ST MT mengatakan, pemerintah kota menyambut baik kerjasama ini. Karena itu, pihaknya mengapresiasi langkah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unilak. 

"Kerjasama yang terjalin bakal berlanjut, tahun ini juga berlanjut dalam pengembangan Bank Sampah di Rumbai," ujar Walikota seraya menyampaikan, pemerintah kota berkomitmen dalam upaya mengelola sampah domestik menjadi barang bernilai ekonomi.

"Saya menilai perlu edukasi dari kalangan akademisi," katanya.

Dikatakannya, bank sampah dalam pembinaan pemerintah kota di bawah DLHK dan Remaja Masjid. Ada 120 bank sampah yang ada di Kota Pekanbaru. Di sekolah, SD dan SMP jumlahnya juga 100 bank sampah. Lalu akan terus bertambah, maka dilakukan edukasi dalam membina pengelola bank sampah.

"Pemerintah kota menggandeng perguruan tinggi agar siap mengoptimalkan bank sampah. Program ini juga memberdayakan masyarakat sembari mencintai lingkungan agar lebih sehat. Sampah sebenarnya bisa diolah menjadi barang bernilai ekonomi, maka setiap rumah tangga mulai memilah sampah domestik," papar Walikota seraya mengajak masyarakat mulai memilah sampah. Dan berharap nantinya bisa ikut mengelola sampah agar bisa bernilai ekonomi.

"Manfaatkan sampah yang bisa didaur ulang, agar tidak dibuang begitu saja," katanya.

Firdaus pun mengajak semua pihak untuk terlibat. Ia mengajak kalangan perguruan tinggi dan perusahaan swasta ikut dalam pengembangan bank sampah.

Kabag Pengabdian LPPM Unilak, Jeni Wardi berharap sinergi antara Universitas Lancang Kuning dengan Pemerintah Kota Pekanbaru semakin erat. Apalagi kerjasama terkait kegiatan bank sampah terus berlanjut.

Mereka dari kalangan akademisi siap berkontribusi lewat pengabdian masyarakat. Pihaknya sudah mengelola bank sampah di Rumbai.

"Ini tindak lanjut peluncuran bank sampah di Rumbai beberapa waktu lalu," ulasnya.

Mereka nantinya membantu pengelolaan bank sampah di pemeritah kota. Para akademisi dari Unilak membantu pendampingan dalam mengelola bank sampah.

"Kita berupaya bank sampah ikut menanggulangi dan melestarikan lingkungan," ujarnya 

Ada empat distrik bank sampah di bawah pengelolaan Unilak. Bank Sampah Berkah Abadi, Bank Sampah di Minas, Siak dan Duri.

"Jadi kita berupaya agar pengelolaannya ditingkatkan, apalagi masalah sampah ini masalah kita bersama," paparnya.

Pihaknya bakal memberi edukasi kepada pengelola bank sampah. Mereka siap memotori bank sampah di sejumlah RW.

"Kita akan berupaya mengoptimalkan bank sampah membantu permasalahan sampah di kota," ujarnya.(*)