Realisasi Pembangunan, Pemerintah Harus Mengacu Musrenbang


Dibaca: 1446 kali 
Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:48:09 WIB
Realisasi Pembangunan, Pemerintah Harus Mengacu Musrenbang Ketua LPMK Umban Sari Ir Syafri Effendi saat menyampaikan sambutan dalam Murenbang Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Kamis (28/1/2021)

Pekanbaru, Hariantimes.Com – Dalam merealisasaikan pembangunan, Pemerintah Kota Pekanbaru harus mengacu hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) yang sudah dilaksanakan setiap tahunya secara berjenjang. Jika pemerintah tidak mengacu hasil musrenbang, maka lebih baik kegiatan musrenbang disemua tingkatan dihilangkan.

‘’Sebaiknya ini yang menjadi landasan pemerintah dalam meralisasikan pembangunan yang sudah dirancang melalui program Musrenbang disemua tingkatan. Jangan sampai di tengah jalan ada kegiatan lain selain yang sudah direncanakan,’’ tegas Ketua LPM Kelurahan Umbansari Ir  Syafri effendi  usai mengikuri Musrenbang Kelurahan Umban Sari, Kamis (28/1/2020) di Kantor Lurah Umban Sari.

Ia  mengatakan, pembangunan yang ada di kelurahan Umban Sari selama ini terealisasi melalui beberapa mekanisme reses anggota DPRD Kota Pekanbaru dan Musrenbang serta melalui Dana Kelurahan dari Pemerintah Pusat serta kunjungan Pemko ke kelurahan.

Namun kata Syafri Effendi yang akrab di sapa Feri, akhir-akhir ini pihaknya mendapatkan pembangunan semenisasi jalan di beberapa tempat yang tidak terkoordinasi dengan Pemerintahan Kelurahan, namun pihak RT dan RW-nya tidak mengetahui pembangunan itu berasal dari siapa.

‘’Harapan kami ke depan, hal seperti ini tidak terjadi lagi.  Kami berharap pembangunan itu lahir dari Musrenbang ini, agar antusias para Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat dapat kembali peduli dengan lingkungan di daerahnya masing,"ujar Feri.

Sedangkan Musrenbang Tahun 2022 tingkat Kelurahan Umbansari dibuka oleh Lurah umbansari Hj Asparida SSos, dihadiri Bhabinkamtimas, Babinsa, serta perwakilan dari masyarakat Kelurahan Umbansari, baik unsur RT/RW, LPMK serta tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Umbansari.
Lurah Umbansari Asaprida juga menyampaikan, pihaknya akan selalu mengupayakan semua aspirasi masyarakat yang sudah dibahas dalam Musrenbang.

"Marilah kita semua membantu pemerintah dan tolong nantinya ada usulan kita yang direalisasikan agar melengkapi datanya, agar semua apa yang diprioritaskan dapat terealisasi. Masing-masing RW dapat prioritaskan, dan mohon kerjasamanya yang baik agar nanti kita dapat membangun kelurahan kita ini dengan baik,’’ ujarnya.(der)