Tomas Riau yang Akan Divaksin Sinovac Sudah Diambil Sampel Darahnya


Dibaca: 1106 kali 
Senin, 11 Januari 2021 - 18:48:39 WIB
Tomas Riau yang Akan Divaksin Sinovac Sudah Diambil Sampel Darahnya Jubir Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tokoh masyarakat (tomas) Riau sebagai orang pertama yang akan divaksin sinovac sudah diambil sampel darahnya untuk diuji di laboratorium RSUD Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan mereka masuk dalam golongan orang-orang yang layak untuk divaksin.

Tokoh masyarakat Riau yang masuk dalam kelompok pertama yang akan divaksin di Riau di antaranya adalah Kapolda Riau, Danrem, Danlanud, Danlanal, Plh Sekdaprov Riau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kejati Riau, Dirut RSUD Arifin Ahmad, Jubir Covid-19 Riau, Ketua IDI Riau, PPNI Riau, dari pengurus Muhammadiyah, NU dan persatuan gereja Riau. 

"Insya Allah hari ini tuntas dan besok keluar hasil labnnya. Nanti baru ditentukan boleh atau tidak mereka ini divaksin," sebut Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Senin (11/01/2021).

Indra Yovi menjelaskan, ada banyak indikator seseorang yang tidak boleh divaksin. Jika dari hasil pemeriksaan kesehatan ternyata ada tokoh yang memiliki penyakit indikator seseorang tidak boleh divaksin, maka yang bersangkutan tidak boleh divaksin dan akan dicarikan penggantinya. 

"Saya saja kalau tidak masuk kriteria juga akan dicoret dan dicarikan penggantinya," katanya.

Setelah dicek syarat layaknya dan yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat, maka seseorang tersebut baru akan disuntik vaksin Covid-19.

"Jadi tidak main langsung suntik saja, diperiksa dulu, untuk masyarakat umum nanti juga begitu juga," ujarnya. 

Pelaksanaan vaksininasi perdana di Riau dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 14 atau 15 Januari 2021. Rencananya, vaksinasi pertama di Riau yang akan dimulai oleh para tokoh masyarakat ini akan dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad. 

"Sesudah tanggal 13 dilaksanakan di pusat, nanti tanggal 14 langsung berlajut di RSUD, nanti tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD akan divaksin setelah ada izin EUA dari BPOM satu dua hari ini," katanya.(*)