Penerimaan Daerah Melalui Retribusi, Fakhirzal: Kami Melihat Potensi Tera/Tera Ulang Sangat Besar


Dibaca: 1203 kali 
Rabu, 30 Desember 2020 - 16:56:56 WIB
Penerimaan Daerah Melalui Retribusi, Fakhirzal: Kami Melihat Potensi Tera/Tera Ulang Sangat Besar Kepala Dinas (Kadis) Koperasi UKM Perindag Kabupaten Pelalawan, Fakhrizal, Kamis (29/12/2020).

Pelalawan, Hariantimes.com - Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah (UKM) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Pelalawan terus berupaya memaksimalkan potensi-potensi yang menjadi kewenangan dan sumber penerimaan retribusi.

Upaya-upaya yang dilakukan yakni melakukan pembinaan dan menertibkan sekitar 65 sampai 70 pasar yg tersebar di 12 kecamatan dengan menunjuk tim pengelola pasar rakyat/pasar tradisional yang di SK kan oleh kepala desa/lurah minimal 3 orang sesuai Surat Edaran Menteri Perdagangan RI. 

Selanjutnya membangun sarana dan prasarana penunjang pasar menuju standar minimal pasar nasional. Serta memperkuat kinerja tim pemungut retribusi yang ada di setiap kecamatan. 

 "Ada 4 potensi retribusi yang ditargetkan dalam Tahun 2020 yaitu pelayanan pasar pelataran, los, kios dan pelayanan tera/tera ulang," sebut Kepala Dinas (Kadis) Koperasi UKM Perindag Kabupaten Pelalawan, Fakhrizal, Kamis (29/12/2020).

Meskipun masih dalam kondisi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Kabupaten Pelalawan, sebut Fakhrizal, namun pelayanan-pelayanan kepada  masyarakat harus terus berjalan, inovasi-inovasi juga harus terus diupayakan, tentu dengan tetap berpedoman pada prokes Covid-19 serta mengindahkan himbauan pemerintah.

"Meskipun belum maksimal dan dalam situasi Covid-19, mudah-mudahan kedepannya dengan kebersamaan dapat ditingkatkan lagi," katanya.

Untuk diketahui, sampai akhir November 2020 ini realisasi penerimaan mencapai angka terakhir. Untuk retribusi tera mencapai Rp 471.105.000 dari target Rp455.000.000  dengan demikian terjadi over penerimaan sebesar 1,07 persen. 

Sedangkan untuk retribusi pelayanan pasar pelataran meningkat lebih dari 100% yaitu sebesar Rp50.229.000 dari target Rp21.000.000. Berarti telah terjadi over penerimaan di dibidang pelataran sebesar 139 Persen. 

Selanjutnya penerimaan retribusi yang lain seperti los dan kios, masih dioptimalkan  perhitungan dan penginputannya.

"Secara keseluruhan, penerimaan daerah melalui retribusi yang telah diupayakan dan disumbangkan oleh Dinas Koperasi UKM Perindag sampai November 2020 sebesar Rp780.619.000 dari target  Rp820.400.000 dan tidak termasuk kerjasama pemanfaatan kekayaan daerah," beber Fakhrizal.

Menurut Fakhrizal, ada kemungkinan perhitungan penerimaan ini akan bertambah sampai akhir Desember 2020. 

"Kita usahakan dan upayakan semaksimal mungkin untuk membantu pembiayaan pembangunan daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan negeri amanah seiya sekata," katanya seraya menyampaikan, untuk Tahun 2020 ini  sudah menggunakan karcis retribusi sebagai bukti tanda penerimaan retribusi pasar yang sah. Sedangkan pelayanan tera/tera ulang, upaya yang dilakukan melalui penyesuaian tarif retribusi baru berdasarkan Perda yang telah ditetapkan. Upaya ini diperkuat dengan sosialisasi-sosialisasi yang intens kepada pelaku-pelaku usaha dan perusahaan yang berhubungan dengan objek-objek tera/tera ulang sesuai ketetuan yang berlaku. Perlu kerjasama dan kesadaran pelaku usaha untuk mengurus izin usahanya termasuk tera/tera ulang ini.  

"Kami melihat  untuk potensi tera/tera ulang ini sangat besar di Kabupaten Pelalawan dan masih perlu dukungan semua. Untuk itu perlu kerjasama dan kesadaran pelaku usaha untuk mengurus izin usahanya termasuk tera/tera ulang ini. Kami menghimbau kepada seluruh pelaku usaha dan  perusahan yang berdomisili dan menginvestasikan modalnya di Kabupaten Pelalawan untuk mengurus izin teranya secara tepat waktu supaya usaha yang dijalankan legal dan kami Dinas Koperasi UKM Prindag siap melayani dengan motto SANTUN," beber Fakhrizal sembari  mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait atas pencapaian ini. 

"Terhadap pencapaian-pencapaian tersebut, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf dan jajaran Dinas serta OPD Teknis lainnya yang telah mendukung pencapaian kinerja OPD Dinas Koperasi UKM Perindag Tahun 2020," ucapnya.(*)